3 Penyebab si Kecil Bersikap Tidak Sopan dan Cara Mengatasinya

kids-and-parents-running
07
Jul

 

Pernahkah Ibu merasa si Kecil bertingkah semaunya dan kurang sopan? Hal ini pernah saya rasakan beberapa waktu lalu. Saat itu, si Kecil sengaja merebut mainan anak lain karena saya memuji anak tersebut. Tentunya, ini membuat saya kaget, Bu. Kejadian tersebut membawa saya untuk membaca beberapa artikel tentang cara mendidik anak. Berikut ini rangkuman dari beberapa artikel yang saya baca. Siapa tahu Ibu juga mengalami hal serupa. Menurut beberapa artikel yang saya baca, masalah sikap si Kecil disebabkan oleh beberapa faktor ini.

 

  1. Menginginkan Sesuatu

 

Ketika si Kecil masih batita, beberapa kali ia menangis ketika masuk ke pusat perbelanjaan. Tentunya, kejadian ini menyita perhatian banyak orang. Si Kecil baru berhenti menangis ketika ayahnya datang dan mengajaknya ke arena permainan. Kejadian itu terus berulang, sampai pada suatu hari, saya meminta suami untuk tidak membawa si Kecil ke arena bermain jika menangis. Saya dan suami pun mencoba mengalihkan perhatian si Kecil dengan cara lain. Hasilnya, kini si Kecil tak menangis lagi ketika masuk mal. Menurut artikel psikologi yang saya baca, sikap si Kecil tersebut dilakukan karena ia tahu bahwa keinginannya akan dikabulkan apabila ia melakukan hal tertentu, Bu. Dengan perubahan sikap suami, si Kecil menyadari bahwa keinginannya sulit dicapai meski ia melakukan hal yang sama.

 

  1. Merasa Tidak Diperhatikan

 

Bu, selalu ada kemungkinan si Kecil ingin mendapatkan perhatian lebih. Oleh sebab itu, bisa saja dia melakukan hal yang kurang sopan untuk diperhatikan orang di sekelilingnya. Hal ini saya alami ketika sibuk memasak di dapur. Demi mendapat perhatian, ia pun memecahkan barang pecah belah koleksi keluarga. Sejak saat itu, saya selalu mengajaknya mengobrol walau sibuk melakukan sesuatu. Setidaknya, ini membuat si Kecil merasa diperhatikan, Bu.

 

  1. Belum Paham Konsep Sopan Santun

 

Nah, mungkin saja si Kecil memang belum paham konsep sopan santun, Bu. Jadi, ia belum paham bahwa hal yang dia lakukan dianggap tidak sopan oleh masyarakat. Oleh sebab itu, sebelum menegur si Kecil, sebaiknya Ibu mendidik si Kecil bahwa sikap maupun perkataannya bisa menyinggung orang lain.

 

Dari fakta dan pengalaman ini, saya belajar bahwa  orang tua punya peran  besar untuk  cara mendidik anak. Bila ia kurang sopan, cari tahu penyebabnya terlebih dulu sebelum memarahinya ya, Bu. Semoga si Kecil Ibu bisa menjadi anak yang santun!

Sumber : Nakita

Share This