5 Cara Agar Buang Air Besar Pada Bayi Menjadi Lancar dan Teratur

iStock_17962531_4x3
03
Mar

 

Pola buang air besar pada bayi pada dasarnya memang kerap kali berubah-ubah. Untuk bayi yang baru saja lahir, normalnya ia akan buang air besar hingga sebanyak 4 kali setiap harinya. Kondisi seperti ini, umumnya akan berlangsung sampai bayi berusia 7 hari. Sementara untuk anak berusia 2 tahun, termasuk normal jika ia buang air besar (BAB) tiap harinya bisa berlangsung 1 hingga 2 kali. Dan untuk anak usia 4 tahun pola BAB nya sama dengan orang dewasa yakni 1 kali setiap hari.

Jika buang air besar bayi teratur, hal ini adalah tanda bahwa anak anda memiliki sistem tubuh yang sehat. Membuang zat sisa atau kotoran merupakan salah satu kegiatan tubuh paling penting dan sekaligus sebagai pertanda jika sistem pencernaan bayi berfungsi dengan baik.

Namun, jika anda mengamati dengan baik, terkadang seorang bayi tidak melakukan buang air besar dalam satu hari. Apabila hal ini terjadi pada bayi anda, jangan langsung panik, sebab usus besar bayi anda mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri. Terkadang, buang air besar bayi tidak teratur karena disebabkan pertumbuhan mereka mengalami percepatan. Hal ini akan terjadi ketika bayi menginjak usia 2 hingga 4 bulan.

Berikut tips dan trik tertentu untuk membuat BAB bayi menjadi lancar dan teratur

  1. Menggerak-gerakan Kaki Bayi Secara Perlahan

Untuk memperlancar buang air besarnya, anda bisa membuat bayi berbaring ditempat tidur dengan nyaman, kemudian pegang kedua pergelangan kakinya secara perlahan. Setelah itu, gerak-gerakan secara perlahan kedua pergelangan kaki bayi seolah sedang mengayuh sepeda, hal ini dilakukan untuk merangsang usus besar bayi sehingga membantu melepaskan gas dan kotoran yang mungkin tersendat dan terjebak dengan cepat.

  1. ASI

Salah satu manfaat pemberian ASI pada bayi adalah untuk memperlancar buang air besarnya. ASI mengandung kolostrum yang dapat membantu bayi buang air besar menjadi lebih teratur. Hal yang sama tidak akan terjadi pada bayi yang mengkonsumsi susu formula, untuk itu sedapat mungkin, berikan ASI pada bayi untuk membantu percernaannya berfungsi secara baik.

  1. Berikan Pijatan Pada Perut Bayi

Ketika mendapati bayi anda tidak buang air besar seharian, maka berikan pijatan pada perut bayi secara perlahan dengan menggunakan minyak kelapa yang telah dihangatkan. Hal ini akan membantu meringankan perut bayi, sehingga mereka dapat membuang kotoran dengan lebih mudah.

  1. Berikan Ramuan Madu yang Dicampur Air Hangat

Selain ASI, anda juga dapat memberikan satu sendok madu alami yang dicampurkan pada satu gelas kecil air hangat kemudian masukan ke dalam botol susu. Selain menggunakan botol susu anda juga bisa memberikannya menggunakan sendok secara langsung. Ramuan madu dan air hangat ini telah menjadi ramuan kuno yang sudah dipakai oleh orang tua sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu dan terbukti ampuh melancarkan buang air besar pada bayi.

  1. Rendam Menggunakan Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat terbukti dapat menenangkan tubuh, begitupun dengan tubuh bayi. Rendam tubuh bayi dalam air hangat untuk meringankan perut bayi agar dapat membuang kotoran dengan lebih mudah.

Itulah 5 cara yang bisa anda lakukan untuk membuat buang air besar bayi menjadi lancar dan teratur. Para ibu mungkin sudah mengetahui, jika 3 hari setelah bayi lahir, kotoran yang dikeluarkan oleh bayi akan berubah warna dan memiliki tekstur yang berbeda. Warna kotoran yang semula berwarna coklat kehijauan akan berubah menjadi kekuningan. Begitupun dengan teksturnya akan menjadi lebih padat dan kasar. Hanya saja kotoran yang terlalu padat akan menyulitkan bayi untuk dikeluarkan. Untuk itulah, mensiasatinya dengan melakukan tips dan trik diatas akan mampu mengatasi masalah tersebut.

Mums & babes Indonesia Jual Perlengkapan Bayi Import

 

Share This