5 Kesalahan Orang Tua Saat Membantu Bayi atau Balita Berkembang

mother-daughter
29
Sep

 

Dear Mums

Jaman sekarang ini balita Anda banyak dimanjakan oleh e-book (Buku elektronik) dan seragam acara TV yang bertujuan untuk balita, sehingga banyak yang mengerti tekhnologi setelah mereka bisa mulai berjalan sendiri. Hal ini sebenarnya bukan hal yang jelek, akan tetapi akan lebih bagus menggunakan cara tradisional, seperti blocks, puzzle atau buku yang tradisional untuk masa perkembangan balita.
Meskipun banyak terapi untuk balita yang terlambat dalam masa perkembangannya, para orang tua sebaiknya mengetahui beberapa dasar keahlian si kecil meskipun jaman sekarang sangatlah modern. Berikut adalah beberapa kesalahan orang tua saat membantu anaknya berkembang.

  1. Merebahkan bayi pada posisi terlentang

Memang benar ini adalah posisi paling aman untuk tidur guna mengurangi resiko kematian mendadak, akan tetapi bayi juga membutuhkan tummy time (letakkan bayi pada posisi tengkurap) untuk menguatkan bahu dan lengan mereka.

  1. Menggunakan e-book daripada buku tradisional

Walaupun penggunaan e-book sebenarnya bukan masalah untuk balita, tetapi belajar untuk membalik lembar buku dengan tangan akan sangat membantu dalam perkembangan otak dan juga keahlian mereka membaca.

  1. Elektronik untuk alat kesenian

Banyak balita sekarang mengetahui bahwa memotong dan menempel hanya bisa digunakan di komputer atau sejenisnya. Balita pre-school sebaiknya belajar kesenian di dunia nyata, menggunakan tangannya untuk mencoret-coret, merobek kertas, dan menggunakan lem. Dengan hal itu, balita akan memperkuat tangan mereka dan juga akan belajar untuk kordinasi terhadap warna dan hal lainnya.

  1. Tidak memperbolehkan mereka untuk merangkak setelah mereka bisa berjalan sendiri

Balita sebaiknya tetap untuk merangkak walaupun mereka bisa berjalan sendiri untuk memperkuat bahu dan tangan. Gym dan tempat bermain dengan terowongan bagus sekali untuk mereka merangkak. Hal ini juga bisa dilakukan di rumah, contohnya dengan menaruh karpet di lantai disertai dengan kursi agar mereka bisa bermain.

  1. Memaksa anak untuk segera belajar menulis

Banyak orang tua berharap dan mungkin akan secara tidak langsung memaksa anaknya untuk bisa menulis namanya sebelum masuk TK, akan tetapi beberapa anak belum siap, bahkan seharusnya menulis tidak diajarkan di pre-school. Dalam pre-school biasanya si kecil akan belajar untuk membuat kata menggunakan mainan atau kartu alfabet untuk belajar konsep dan juga memperkuat jari-jari mereka sebelum menggunakan alat tulis.

 

Share This