5 Manfaat Berjemur bagi Ibu Hamil di Pagi Hari

gorgeousoutdoorportraitofapregnantwoman
09
Sep

Berjemur di Pagi Hari sangatlah bermanfaat bagi tubuh, Apalagi Mums yang sedang berada di Masa kehamilan, Maka dari itu kita intip Yuk artikel berikut ini.

Bagi beberapa orang melakukan kegiatan berjemur mungkin merupakan suatu hal yang membuat malas. Namun tahukah anda bahwa beraktivitas berjemur di pagi sangat baik untuk kesehatan. Sinar matahari pagi sangat bermanfaat bagi tubuh membuatnya menjadi lebih sehat dan tidak mudah terkena berbagai jenis penyakit. Berjemur di bawah matahari pagi sangat baik itu anak-anak, bayi, remaja, orang dewasa hingga lansia. Berjemur di bawah sinar matahari juga bisa dilakukan oleh orang dengan berbagai kondisi baik dirinya sedang sehat ataupun sedang sakit sekalipun.
Waktu Berjemur yang Baik

Untuk ibu hamil, kegiatan berjemur di bawah sinar matahari pun sangat baik dan bahkan sangat dianjurkan oleh para ahli kandungan. Berjemur di bawah matahari sebaiknya dilakukan pada waktu matahari mulai terbit dari jam 7 hingga jam 9 pagi saja. pada jam-jam tersebut sinar matahari sedang dalam keadaan yang paling sehat dan baik untuk kesehatan. Hal tersebut dikarenakan di dalam sinar matahari pada jam tersebut, mengandung paling banyak vitamin D.

Hindari berjemur di bawah sinar matahari pada siang bolong mulai dari jam 11 hingga seterusnya karena pada jam ini justru sinar matahari memiliki bahaya sinar radiasi UV serta panasnya sinar matahari tersebut bisa membakar kulit. Bukan hanya itu saja namun juga bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit terutama pada bagian kulit yang bisa memicu tumbuhnya penyakit kanker kulit.

 

 

1. Memberikan Asupan Vitamin D

Selain pada beberapa jenis makanan dan minuman, vitamin D ini bisa juga didapatkan melalui sinar matahari pagi. Hal inilah yang membuat para ahli sangat menganjurkan orang untuk bisa berjemur di bawah sinar matahari pagi karena bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Jadi, tunggu apalagi jangan malas untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi ya.

2. Membantu Tumbuh Kembang Janin Lebih Optimal

Judul yang disematkan di atas bukanlah menjadi isapan jempol belaka namun sudah dibuktikan melalui penelitian yang melibatkan hingga 2000 calon ibu di seluruh dunia. Jurnal penelitiannya bernama jurnal pediatrics yang bisa diakses gratis di internet saat ini. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan adanya korelasi positif antara cukupnya Vitamin D pada proses kehamilan di trisemester pertama dan kedua, yakniPerkembangan kemampuan mental serta sel motorik bayi di dalam kandungan.

Imbas dari perkembangan janin yang baik di dalam kandungan adalah tingginya nilai IQ yang akan didapatkan kelak ketika anak sudah masuk ke dalam jenjang sekolah. Sedangkan bagi ibu yang kekurangan vitamin D justru akan melahirkan anak dengan nilai IQ yang kurang tinggi.

3. Memiliki Kesehatan Mental yang Baik

Bukan hanya pada tes IQ saja yang bisa membuktikan bahwa vitamin D itu penting keberadaannya namun hal juga berlaku pada tes mental dan motorik anak. Anak dengan vitamin D rendah di dalam tubuhnya rata-rata hanya mendapatkan nilai sebesar 2,6 atau 2,3 poin saja. Hal ini lebih rendah dibandingkan dengan anak yang mendapatkan cukup asupan vitamin D saat masih dalam kandungannya.

4. Membantu Penyerapan Kalsium

Vitamin D sangat penting keberadaannya pada penyerapan manfaat kalsium bagi ibu hamil di dalam tubuh.

Apalagi jika sedang dalam kehamilan, mengalami kekurangan vitamin D bisa memicu terjadinya riketsia yang akan dialami oleh janin dalam kandungan selain itu ibu hamil juga akan mengalami kondisi osteomalasia. Riketsa pada janin merupakan kondisi yang akan dialami oleh janin dengan ditandainya sulit bergerak. Hal ini disebabkan oleh adanya pertumbuhan tulang yang tidak optimal sehingga menyebabkan tulang menjadi membengkok.

Sedangkan untuk kondisi osteomalasia yang akan dialami oleh ibu hamil, adalah kondisi dimana terjadi kegagalan penyerapan vitamin D di dalam tulang. Keadaan ini juga kerap kali disebut dengan soft bone atau tulang lunak. Tentunya 2 keadaan tersebut sangat tidak baik dan berbahaya bagi ibu dan bayi yang ada di dalam kandungannya. Tentunya anda tidak mau hal ini terjadi bukan?5. Membantu Menyempurnakan Pertumbuhan Tulang

Manfaat berjemur bagi ibu hamil di bawah sinar matahari pagi, akan membuat asupan vitamin D di dalam tubuh menjadi lebih optimal. Seperti yang telah diketahui bersama, vitamin D merupakan bagian yang sangat penting jika disejajarkan dengan permasalahan tulang. Vitamin D ini akan membantu proses pengerasan tulang. Cara vitamin D ini adalah dengan melakukan pengaturan pada kalsium serta fosfor yang sudah ada di dalam darah untuk kemudian diendapkan di dalam tulang. Jika tidak ada vitamin D maka proses tersebut tidak akan bisa terjadi.

6. Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Diabates

Selain akan memberikan manfaat yang sudah dijelaskan di atas, manfaat lain yang akan didapatkan dari berjemur di bawah sinar matahari pagi oleh ibu hamil adalah akan mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi dan diabetes selama masa kehamilan. Bukan hanya itu saja namun juga bisa menghindarkan ibu dan bayi dari berbagai penyakit lainnya seperti masalah pernafasan seperti asma dan resiko terkena penyakit jantung.

Itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh ibu hamil jika berjemur di bawah sinar matahari pagi. Bukan hanya berjemur saja namun ibu hamil juga disarankan untuk beraktivitas di bawah sinar matahari pagi. Supaya asupan vitamin D di dalam tubuh terpenuhi untuk ibu dan bayi. Untuk mengoptimalkan jumlah asupan vitamin D juga bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin D atau kalau perlu mengkonsumsi suplemen vitamin D.

Namun yang perlu diperhatikan, vitamin D memang sangat baik bagi tubuh tapi jika dikonsumsi secara berlebih justru dapat membuat beberapa gangguan di dalam tubuh. Jumlah vitamin D yang normal untuk ibu hamil adalah sebesar 400 IU. Jika lebih dari itu maka bisa memicu berbagai penyakit seperti ginjal serta terjadi lonjakan kalsium di dalam darah.

Share This