6 Manfaat Dan Khasiat Apel Untuk Ibu Hamil

Is-It-Safe-To-Eat-Apples-During-Pregnancy
06
Aug

Tahukah Mums bahwa buah Apel itu sangat banyak manfaatnya ?

Buah yang berwarna merah ini memang memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena didalamnya terkandung vitamin C, Flavonoid, dan polifenol yang dibutuhkan tubuh.

Selain bermanfaat untuk siapa saja, Siapa sangka buah yang berwarna hijau dan merah ini juga banyak khasiatnya untuk ibu hamil. Mau tahu apa saja khasiat dan manfaat buah apel untuk ibu hamil muda. berikut manfaatnya bagi kandungan.

Khasiat Dan manfaat Buah Apel Untuk Ibu Hamil

  1.  Mencegah diare dan sembelit

Manfaat apel untuk ibu hamil salah satunya yaitu dapat mencegah sembelit dan diare. Seperti kita tahu, dua penyakit tersebut memang sangat rawan menyerang wanita yang sedang hamil. Apalagi ketika wanita hamil mengonsumsi makanan yang kurang sesuai, penyakit seperti diare dan sembelit sangat rawan menyerang dan akhirnya mengganggu kesehatan secara keseluruhan.

Jika tidak mendapat pengobatan yang benar, penyakti tersebut akhirnya juga akan mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Untuk mencegah terjadinya diare dan sembelit, rutinlah mengonsumsi buah apel pada saat kehamilan. Kandungan serat pada apel akan melancarkan dan menormalkan pencernaan sehingga diare maupun sembelit tidak mudah menyerang.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi memang sangat sering menghinggapi wanita yang sedang mengandung. Bahkan, hipertensi dapat menyebakan preeklampsia yang akhirnya dapat memicu keracunan kehamilan. Untuk menurunkan tekanan darah dan membuat tekanan darah jadi stabil, seringlah mengonsumsi buah apel. Khasiat apel untuk orang hamil ini memang sangat luar biasa.

Buah apel memiliki kandungan yang dapat mengurangi kadar kolesterol tubuh. Jadi cara ini cukup efektif untuk menormalkan tekanan darah dalam tubuh sehingga Anda akan terhindar dari hipertensi saat hamil. Disarankan untuk mengonsumsi buah apel setidaknya satu buah setiap hari.

  1. Mencegah morning sickness

Morning sickness atau mual dan muntah pagi hari yang terjadi pada wanita hamil memang sangat mengganggu. Hal ini bisa menjadi tanda bahaya kehamilan jika terjadi terlalu parah. Sebab rasa mual dan muntah yang berlebihan dapat mengurangi asupan yang dibutuhkan oleh janin untuk berkembang.

Untuk mencegah orning sickness ini, Anda disarankan untuk rutin makan buah apel. Nutrisi yang terdapat pada buah apel dapat mengurangi asam lambung sehingga mengurangi rasa mual dan ingin muntah. Saran, ketika makan buah apel sebaiknya jangan dikupas dan makanlah dengan kulitnya. Sebab menurut para ahli makan buah apel yang terbaik adalah bersama kulitnya.

4. Mencegah bayi lahir prematur

Manfaat apel untuk ibu hamil yang cukup baik yaitu dapat mencegah kemungkinan bayi lahir prematur. Biasanya, penyebab kelahiran bayi prematur yaitu akibat sekresi empedu yang berlebihan. Anda perlu mengonsumsi buah apel hijau untuk mengatasi kelahiran prematur sehingga bayi bisa dapat lahir dengan sehat.

 

  1. Mengurangi bengkak-bengkak

Pada saat kehamilan, masalah yang paling umum yaitu adanya bengkak-bengkak pada seluruh tubuh. Biasanya kondisi ini membuat banyak wanita hamil jadi merasa tidak nyaman. Mengonsumsi buah apel secara rutin saat hamil dapat mengurangi bengkak yang terdapat pada kaki, tangan dan bagian tubuh lain.

 

  1. Menjaga nafsu makan

Karena sering mual, wanita yang sedang hamil kebanyakan mengalami penurunan nafsu makan. Padahal bayi dalam kandungan membutuhkan banyak asupan nutrisi dari ibunya untuk tumbuh dan berkembang. Dengan rutin makan buah apel, maka nafsu makan akan tetap terjaga karena dapat mengurangi rasa mual.

 

Itulah beberapa manfaat buah Apel untuk ibu hamil muda, Semoga dapat menginspirasi para ibu hamil untuk menjaga kehamilan dan janin didalam kansungan

 

Share This