Ibu Hamil Makan Sate Kambing ? Apakah Berbahaya?

434547-1000xauto-mitos-daging-kambing-yang-bikin-orang-salah-kaprah
12
Sep

Dear Mums

Saat hamil, ada kalanya seorang ibu mengidamkan untuk makan berbagai olahan daging kambing, seperti sop atau sate kambing. Olahan daging kambing memang terasa sangat nikmat apa lagi dimakan ketika masih hangat. Kendati demikian, adanya mitos yang menyebut jika makan daging kambing selama kehamilan adalah hal yang memicu bahaya, tak ayal membuat kebanyakan mereka merasa gentar dan memutuskan untuk mengurungkan keinginannya ini. Nah, pada tulisan kali ini kita akan mengupas kebenaran dari mitos tersebut. Daging Kambing untuk Ibu Hamil Daging kambing memang merupakan salah satu jenis makan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan. Bukan hanya berdasar mitos, kajian yang dilakukan oleh Salah satu Fakultas Kedokteran di Indonesia baru-baru ini menemukan fakta bahwa daging kambing memang berisiko jika dikonsumsi oleh ibu hamil terutama di usia kehamilan trimester pertama.

Saat hamil, ada kalanya seorang ibu mengidamkan untuk makan berbagai olahan daging kambing, seperti sop atau sate kambing, Apalagi di masa- masa menjelang Hari Raya idul Adha ini lho Mums. Semua hidangan dan jamuan serba daging kambing.
Namun tunggu dulu Mums…ada beberapa hal yang harus Mums ketahui tentang mengonsumsi daging kambing dimasa kehamilan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Toksoplasmosis

Daging kambing, sapi, dan hewan memamah biak lainnya memang tergolong jenis daging yang biasa menjadi inang bagi bakteri toksoplasma. Bakteri ini bagi orang biasa memang tidak menimbulkan masalah serius, namun bagi ibu hamil toksoplasma bisa menyebabkan banyak komplikasi kehamilan seperti bayi lahir prematur, keguguran, bayi lahir cacat, dan bayi terlahir dengan penyakit pada jaringan hatinya.

2. Tekanan darah tinggi

Darah Tinggi Daging kambing memang tidak secara langsung menyebabkan naiknya tekanan darah, hanya saja perpaduan bumbu dan makanan penyerta lain dalam penghidangannya membuat risiko ini tetap ada dan justru menjadi sangat tinggi.

3. Masalah Pencernaan

Keluhan selanjutnya yang dapat ditimbulkan daging kambing untuk ibu hamil adalah masalah pencernaan. Daging kambing mengandung lemak tak jenuh yang dapat membuat penyerapan nutrisi di usus halus Anda berjalan dengan lambat.

 4. Kolesterol

Kolesterol memang zat yang berbahaya bagi tubuh namun justru ia akan menjadi bermanfaat bagi pertumbuhan janin dan kesehatan ibu hamil. Akan tetapi jumlah kolesterol yang terlalu berlebih juga tidak baik bagi kesehatan jantung. Ia akan memacu kerja jantung menjadi lebih keras sehingga membuat ibu hamil sering merasa berdebar-debar dan memacu tekanan darah tinggi kondisi yang cukup berisiko bagi kehamilan.

Akan tetapi jumlah kolesterol yang terlalu berlebih juga tidak baik bagi kesehatan jantung. Ia akan memacu kerja jantung menjadi lebih keras sehingga membuat ibu hamil sering merasa berdebar-debar dan memacu tekanan darah tinggi –kondisi yang cukup berisiko bagi kehamilan. Dari 4 bahaya konsumsi daging kambing untuk ibu hamil yang telah dibahas di atas, Anda kini tentu tahu akan risiko yang bisa ditimbulkannya jika Anda tetap memaksa untuk makan daging ini. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk berusaha menghindari makan makanan ini.

Semoga Tips kali ini dapat bermanfaat ya Mums.

 

Share This