Aktivitas Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Si Kecil

baby-in-grass_fmaovr
20
Nov

Ada banyak cara yang bisa ibu lakukan jika ingin membuat anak pintar. Apalagi sekarang sudah ada sekolah yang didesain untuk anak-anak yang berusia pre school. Munculnya sekolah semacam ini tidak lain karena tingginya animo masyarakat yang menginginkan anak mereka lebih cepat tahu tentang banyak hal.

Sayangnya, hal tersebut tidak seharusnya menjadi satu-satunya opsi. Bahkan, ada yang tidak setuju jika anak yang masih kecil diharuskan belajar di sebuah insitusi sekolah seperti itu. Pasalnya, mereka menganggap anak kecil seharusnya mendapatkan pengajaran langusung orang tua terlebih dahulu.

Apakah ibu sepakat dengan pendepat yang satu ini?

Jika ya, maka ibu harus pintar mencari kegiatan anak yang bisa menunjang kecerdasan anak. Ibu harus tahu tidak hanya sekolah yang bisa membuat anak pintar. Dan bahkan ibu akan sangat bangga jika anak pintar karena didikan ibu sendiri.

Oleh sebab itu, sebelum si kecil sekolah, ada kegiatan untuk anak yang bisa ibu pilihkan untuk mengembangkan kecerdasannya. Kegiatan apakah itu?

Membaca

Ini bukan belajar membaca ya, tapi kegiatan membaca. Berbeda antara belajar membaca dan kegiatan membaca.

Belajar membaca artinya ibu harus mengajari si kecil agar bisa mengeja kata per kata, membaca, dan membahami sebuah kalimat. Sementara itu, kegiatan membaca hanya sebuah kegiatan saja tanpa ada tendensi agar si kecil bisa memahami kalimat di dalam bacaan tersebut.

Hindari yang pertama, yaitu mengajarkan si kecil membaca. Jika belum usianya, maka yang perlu ibu lakukan hanya mengajaknya melakukan kegiatan membaca.

Ini sangat penting mengingat banyak anak dewasa yang sudah bisa membaca sekarang tapi tidak mau membaca. Dengan membiasakan si kecil melakukan kegiatan membaca setiap hari, diharapkan ketika dewasa nanti ia akan suka membaca buku.

Suka membaca menjadi fondasi yang sangat penting agar ia berkembang semakin cerdas. Karena membaca merupakan modal utama untuk menuntut ilmu, bukan?

Belajar Memanah

Dari sekian banyak olahraga, memanah merupakan olahraga yang sangat disarankan. Kegiatan ini tidak hanya untuk menjaga kesehatan fisik saja, tapi juga sebagai ajang pembelajaran agar si kecil belajar fokus.

Bukankah fokus itu hal yang penting dalam belajar? Jadi, kegiatan yang anak ibu lakukan berupa memanah ini akan membuat anak ibu terbiasa untuk fokus, fokus pada target yang ingin dicapai. Dan jika si kecil terbiasa dengan hal semacam ini, maka apapun yang akan ia pelajari, ia akan fokus untuk memahami pelajaran tersebut.

Apakah ada olahraga lain yang bisa mengajarkan si kecil agar fokus selain memanah? Tentu saja ada. Dan kegiatan apapun yang seperti olahraga memanah di mana anak bisa belajar untuk bisa lebih fokus sangat disarankan untuk dilakukan.

Yang perlu ibu pahami adalah bawasannya tidak hanya yang bernuansa belajar harus dilakukan si kecil dengan harapan ia bisa cerdas. Sebenarnya itu salah besar.

Karena pada dasarnya anak kecil itu memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Yang ibu harus lakukan adalah bagaimana ibu bisa memaksimalkan rasa ingin tahu tahu tersebut dengan memberikan atau memilihkan kegiatan yang sesuai. Dengan demikian, kegiatan menyenangkan bisa menjadi ajang untuk belajar. Dan jika ibu berhasil melakukan hal tersebut, maka ibu akan melihat perkembangan si kecil yang sangat signifikan. Ia tidak akan merasa bosan untuk mengembangkan potensi kecerdasannya karena ia tidak merasa sedang belajar, melainkan asyik bermain.

 

Share This