Apakah Buah Nanas Aman Untuk Ibu Hamil?

websss
18
Mar

 

Amankah buah nanas untuk ibu yang sedang mengandung? Banyak ibu-ibu hamil muda yang selalu memberikan pertanyaan ini pada pakar kesehatan atau kehamilan. Karena memang mitos tentang buah nanas yang beredar di masyarakat, yang kebanyakan mengatakan tidak baik untuk dikonsumsi pada saat hamil membuat ibu hamil penasaran dan juga takut. Di bawah ini adalah beberapa manfaat berupa fakta dari gizi yang terkandung yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi buah nanas.

 

Fakta Gizi Buah nanas

 

– Nanas banyak mengandung vitamin B1. Manfaat dari vitamin B1 pada nanas ini membantu tubuh Anda dalam mengatasi berbagai masalah syaraf seperti terjadi ketegangan dan juga sistem kerja dari syaraf. Manfaat lain dari vitamin B1 yang ada dalam buah nanas ini juga sangat baik dalam menjaga kesehatan organ hati. Jadi bisa disimpulkan nanas ini sama manfaatnya dengan buah alpukat yang juga banyak mengandung vitamin B1.

 

– Terdapatn juga kandungan vitamin dalam buah nanas, yang berfungsi sebagai sumber dari antioksidan secara alami untuk tetap menjaga kekebalan tubuh Anda.

 

– Masih adalah kandungan vitamin B6 yang sangat cocok untuk Anda para penderita Anemia, yang juga dapat mencegah mual pada saat hamil dan juga untuk kebutuhan energi pada tubuh Anda.

 

– Nanas juga mengandung zat seng (tembaga) yang bermanfaat untuk kesehatan rambut dan mata.

 

– Kandugan Zat mangan juga ternyata ada dalam buah nanas yang sangat baik untuk tulang, sehingga penyerapan kalsium bisa lebih tinggi.

 

– Untuk Anda yang mengalami diabetes, nanas adalah jenis makanan yang cocok untuk Anda konsumsi, karena kadar gula dalam nanas adalah alami, yang tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah Anda.

 

Nah itulah tadi beberapa manfaat penting dari nanas pada tubuh Anda. Dan di bawah ini ada beberapa juga bahaya dalam buah nanas yang membuat para ibu hamil sebaiknya jangan mengkonsumsinya. Meskipun dari fakta manfaat yang diperoleh dari buah nanas di atas memang cukup baik untuk ibu hamil, tapi ternyata bahayanya lebih perlu dikhawatirkan seperti di bawah ini.

 

  1. Dapat memicu kontraksi

Kontraksi kadang terjadi pada ibu hamil di usia kehamilan yang sudah tua, dan itu adalah hal yang wajar. Tapi jika kontraksi tersebut terjadi masih di awal-awal kehamilan apalagi karena telah mengkonsumsi buah nanas itu perlu Anda khawatirkan. Mengkonsumsi buah nanas dalam jumlah banyak, ini akan membuat ibu hamil merasakan kontraksi seperti ingin melahirkan. Karena buah nanas ini akan membuat si janin dalam tubuh Anda bergerak terus-menerus sehingga menimbulkan kontraksi. Pasalnya , efek pada nanas ini membuat janin Anda menjadi panas sehingga mendesak untuk kontraksi. Tapi hal ini hanya terjadi jika Anda mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak. Jadi sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi buah nanas dalam jumlah yang banyak jika masih hamil muda. Bahkan beberapa pakar juga melarang untuk mengkonsumsi buah nanas jika memang suda hamil tua atau mendekati tanda-tanda melahirkan, karena ini bisa membuat kondisi dari bayi dalam janin Anda terganggu.

 

  1. Bisa mendorong kelahiran prematur

Inilah yang sebaiknya Anda hindari mengkonsumsi nanas dalam jumlah banyak jika usia kehamilan Anda masih sangatlah muda atau kurang dari 9 bulan. Ini akan membuat Anda melahirkan dalam kondisi premature. Zat bromelin yang terkandung dalam nanas ini ternyata bisa membantu leher Rahim Anda berkontraksi dengan cepat yang membuat induksi persalinan bisa lebih cepat dari jangka waktu yang seharusnya. Kadar atau porsi buah nanas yang harus Anda konsumsi agar bisa membuat kondisi seperti ini atau melahirkan premature adalah 6 buah nanas. Anda juga sebaiknya jangan terlalu rutin atau tiap hari, karena kondisi seperti ini juga bisa sangat memungkinkan terjadi.

 

 

 

  1. Bisa membuat diare

Diare kadang juga dialami oleh ibu hamil jika terlalu banyak dalam mengkonsumi buah nanas ini. Pasalnya nanas juga banyak mengandung serat dan juga kandugan zat bromelin tadi akan mampu mengatasi rasa sembelit pada ibu hamil. Sehingga ibu hamil akan mengalami diare, dan juga efek pada point kedua di atas (Kelahiran premature).

 

 

  1. Bisa menyebabkan keguguran

Inilah yang membuat para ibu hamil selalu khawatir dalam mengkonsumsi buah nanas. Dan mitos ini memang benar adanya jika ibu hamil mengkonsumsi buah nanas dalam jumlah yang banyak. Pemicunya adalah zat bromelain tadi yang membuat kontraksi dini pada ibu hamil, apalagi untuk ibu hamil muda.

 

Nah itulah tadi 4 bahaya yang bisa ditimbulkan dari mengkonsumsi buah nanas dalam proses kehamilan Anda. Ibu hamil memang memiliki kondisi yang berbeda-beda, ada juga yang kondisi rahimnya memang cukup kuat dalam menahan kontraksi, sehingga dapat mencegah keguguran atau kelahiran premature, tapi ada juga yang terlalu sensitif dalam menerima rangsangan. Daya tahan dinding rahim dari ibu hamil ini bisa Anda perkuat dengan memperbanyak konsumsi asam folat yang juga sesuai dosis, agar terhindar dari hal-hal yang tentunya tidak Anda inginkan.

 

Dalam mengkonsumsi buah nanas dengan jumlah yang sedikit juga sebenarnya juga memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil ini. Dalam porsi sedikit kecil ini berarti setidaknya kurang dari sepotong buah nanas, dan juga tidak dilakukan setiap hari. Yang salah satu manfaat yang paling dibutuhkan oleh ibu hamil adalah mengatasi sembelit yang kadang terjadi pada ibu hamil tentunya.

 

Mengkonsumsi buah nanas pada saat hamil ini sebaiknya Anda tetap mengacu pada aturan dokter kehamilan Anda. Anda juga harus lebih mempertimbangkan riwayat kehamilan Anda seperti pernah mengalami keguguran sebelumnya. Jadi, secara keseluruhan mengkonsumsi buah nanas untuk ibu hamil ini memang ada manfaat da nada juga kekurangan, yang sebaiknya perhatikan dan lakukan konsultasi pada pakar kesehatan Anda sebelum mulai mengkonsumsi buah nanas di masa kehamilan Anda.

 

Share This