Bahaya Gigi Berlubang Bagi Ibu Hamil dan Janin

landscape-1445727844-g-toothache-177247110
05
Aug

Bagi Anda salah satu penderita gigi berlubang, segeralah atasi ke Dokter secepatnya ya Mums

Gigi, si kecil kecil putih ini merupakan salah satu organ tubuh yang penting bagi kesehatan kita loh. Meskipun kecil, namun fungsi utama dari gigi ini sangatlah tidak bisa diremehkan dan dipandang sebelah mata. Ketika kita sedang makan, maka makanan yang masuk ke dalam mulut kita kemudian akan dikunyah dan dihaluskan dengan bantuan gigi, lalu kemudian ditelan dan dicerna oleh organ-organ pencernaan di dalam tubuh, seperti usus dan juga lambung. Selain membantu mengawali proses pencernaan, ada manfaat lainnya juga dari gigi loh.

Gigi juga terkadang memiliki manfaat lain, diantaranya adalah sebagai alat ukur kesehatan dan perawatan diri individu serta kebersihan diri kita juga. Apabila kita memiliki gigi yang bersih dan juga terawat dengan baik, maka hal ini dapat menunjukkan bahwa kita adalah orang yang sangat menjaga kesehatan dan juga dapat merawat tubuh dengan sangat baik.

Masalah kesehatan pada gigi

Sama seperti berbagai jenis organ tubuh lainnya, gigi pun tak luput dari masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan terkadang sering muncul pada gigi dan biasanya disebabkan oleh kondisi diri kita sendiri yang mungkin kurang baik dan hanya asal dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi. Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan, yang sering muncul pada gigi :

Itu adalah beberapa dari sekian banyak masalah yang seringkali menghampiri gigi. Hampir kesemua masalah gigi tersebut disebabkan oleh kurang terawatnya gigi, sehingga dapat menyebabkan munculnya masalah kesehatan gigi tersebut.

Masalah Gigi Berlubang

Salah satu bahaya dari gigi berlubang, yakni jika kondisi ini dapat muncul pada ibu hamil. Ya, ibu hamil terkadang seringkali mengalami banyak sekali gangguan kesehatan pada masa kehamilan, tak terkecuali gigi berlubang. Kondisi ini akan semakin parah, apabila ketika hamil gigi berlubang tidak segera diobati dan juga ditambal, karena akan berdampak buruk bagi kesehatan dan juga bagi janin. Secara umum, ibu hamil yang mengalami gigi berlubang tentu saja akan mengalami berbagai macam, gejala yang cukup berbahaya sebagai efek dari gigi berlubang itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang muncul sebagai akibat dari gigi berlubang :

 

Penjelesan Bahaya Gigi Berlubang Saat Hamil

Dari gejala yang muncul akibat gigi berlubang pada ibu hamil tersebut, peradangan merupakan salah satu dampak berbahaya bagi ibu hamil dan juga janin. Mengapa? Berikut ini adalah penjelasannya :

“Peradangan yang muncul sebagai akibat dari gigi berlubang tersebut adalah disebabkan oleh kuman dan bakteri yang bersarang pada gigi. Ya, kuman dan juga bakteri yang tinggal pada bagian gigi ini dapat menyebabkan perdangan pada gigi. Dan ternyata, peradangan pada gigi ini dapat menyebar dan juga menjalar ke bagian tubuh lainnya. Hal inilah yang berbahaya. Ya, kondisi penyebaran radang ini dapat membuat banyak organ lainnya menjadi ikut terkena dampaknya. Bakteri dan kuman penyebab peradangan akan mengikuti aliran darah dan menginfeksi organ tubuh lainnya. Bagi ibu hamil, bakteri penyebab peradangan ini dapat menyerang janin. Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan membuat kemunculan peradangan pada perkembangan janin.”

Nah, apabila ternyata kuman dan juga bakteri penyebab infeksi dan juga peradangan ini sudah menyerang janin, maka hal inilah yang harus diperhatikan, karena sangat berbahaya dan juga bisa saja menyebabkan beberapa hal di bawah ini :

1.Keguguran

Hal yang paling berbahaya dari kondisi bakteri dan juga kuman yang menyerang janin adalah dapat menyebabkan kematian pada janin, alias keguguran. Ini merupakan dampak yang paling berbahaya bagi janin, dan juga bagi sang ibu. Mengalami keguguran akan menyebabkan sang ibu kemungkinan akan mengalami depresi dan juga tekanan, sehingga dapat menyebabkan stress dan juga kesedihan yang mendalam.

Penyebab Keguguran lainnya juga bisa terjadi karena :

2. Tidak optimalnya perkembangan dari janin

Bahaya gigi berlubang bagi ibu hamil berikutnya, ketika bakteri dan juga virus tersebut mulai menyerang janin adalah munculnya hambatan dan juga tidak optimalnya perkembangan janin. Contohnya, apabila saat bakteri dan juga kuman masuk dan juga menyerang janin pada saat janin sedang mengalami perkembangan pada bagian organ penglihatan, maka ada kemungkinan nantinya organ penglihatan pada janin akan terganggu ketika lahir kelak.

Berikut ini beberapa hal lainnya yang bisa mempengaruhi perkembangan janin

3. Kelahiran yang tidak normal

Kuman dan juga bakteri tersebut juga dapat menimbulkan bahaya lainnya, yaitu proses kelahiran yang tidak normal. Bisa saja terjadi kelahiran prematur, ataupun lahir dengan berat badan yang tidak normal. Selain itu, kemungkinan juga sang bayi yang lahir nantinya akan mengalami gangguan kesehatan, karena dampak dari bakteri dan juga kuman tersebut.

 

Share This