Bahayakah Bayi yang Sering Kaget Ketika Tidur?

comotomo-lifestyle-1122x736_01
02
Mar

 

Bayi memiliki berbagai cara untuk menunjukan kondisi yang sedang dirasakannya. Ada kondisi yang normal, yaitu kondisi yang umum dalam  perkembangan dan pertumbuhan bayi. Dan selanjutnya adalah kondisi abnormal, yaitu kondisi yang menandakan adanya perbedaan dari pertumbuhan bayi pada umumnya. Dalam mengetahui kondisi normal atau abnormal, anda harus mengenali ciri-ciri yang terjadi sebelum anda berkonsultasi dengan ahli medis.

Pada dasarnya bayi memiliki perkembangan yang berbeda sehingga membuat orang tua menjadi bertanya-tanya mengapa bayi saya tidak sama dengan bayi dia. Itu hal yang wajar yang menjadi pertanyaan setiap orang tua. Perlu anda ketahui bahwa perkembangan bayi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor sehingga anda jangan terburu buru khawatir pada bayi anda, kenali terlebih dahulu perkembangan bayi anda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengenalkan pada anda kondisi bayi saat tidur. Kondisi bayi saat tidur bermacam-macam, salah satu diantaranya adalah bayi yang sering kaget ketika tidur. Pernahkah anda memergoki bayi anda yang kaget ketika tidur?  Padahal bayi anda tidak mendengar suara apapun, normalkah kondisi kaget pada saat bayi tidur, mari kita kenali.

Diamati dari segi usia, bayi yang baru lahir seringkali mengalami kaget ketika dia tertidur, Hal ini wajar apalagi bila bayi anda mendengar suara- suara yang dianggapnya masih asing. Sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan bayi yang seringkali mengalami kaget ketika tidur pada usia awal kelahirannya hingga usia 4-5 bulan.

Kondisi yang terjadi pada bayi yang baru lahir merupakan refleks primitive yang merupakan bagian dari adaptasi. Refleks ini dikenal dengan refleks moro sehingga membantu bayi anda dalam menyesuaikan dengan lingkungan baru. Bahkan anda mungkin melihat bahwa bayi yang tertidur lelap sekalipun memiliki refleks moro tanpa menggangu tidurnya. Pada beberapa kondisi kadang disertai dengan sedikit perubahan gerakan tubuh atau dengan suara tangisan berdurasi singkat akan tetapi kemudian bisa diatasinya dan masih tertidur.

Bayi yang mengalami kaget ketika tidur merupakan pertanda pada bayi anda bahwa indera pendengarannya berfungsi. Hal ini menandakan adanya otot refleks yang bekerja. Hal ini tidak perlu membuat anda khawatir. Justru apabila bayi yang kurang peka dengan perubahan lingkungan dan tidak adanya refleks moro yang perlu dikhawatirkan .

Bayi sudah memiliki kemampun refleks moro pada saat bayi dilahirkan dengan secara perlahan maka akan menghilang. Bahkan refleks moro akan mencapai titik sempurna pada usia kehamilan 34 minggu, sehingga pada bayi yang usianya 28 minggu sudah lahir (premature) harus dilakuan pemeriksaan refleks moro.

Meskipun anda tidak perlu khawatir dengan bayi yang tiba tiba kaget ketika tidur akan tetapi apabila bayi anda memasuki usia 6 bulan seringkali kaget dan tidak bisa memiliki waktu tidur yang berkualitas maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk mencari solusi pada kondisi bayi anda.

Dengan demikian bahwa bayi yang kaget ketika tidur bukan merupakan kondisi abnormal melainkan apabila anda memerlukan tindak lanjut dalam pemeriksaan dan meyakinkan kondisi bayi anda. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan membantu dalam mengetahui perkembangan dan pertumbuhan bayi anda sesuai dengan kondisinya.

Mums & babes Indonesia Toko Dropship Barang Bayi

Share This