Beberapa efek amoxicillin bagi kesehatan ibu hamil

iStock_68268285_4x3
03
Aug

Apakah Mums benar-benar membutuhkan antibiotik ketika kondisi kesehatan menurun? ketahuilah hal ini sebelum Mums benar-benar meminumnya.

1. Diare

Obat antibiotik ini memang dapat menimbulkan efek diare saat hamil tetapi hal ini tidak begitu berbahaya untuk kesehatan ibu hamil sehingga jika ibu hamil memang sedang membutuhkan obat antibiotik ini untuk menyembuhkan suatu penyakit tertentu di dalam tubuh maka pemberiannya tetap aman, walaupun akan mengalami efek samping seperti diare. Tetapi jika manfaat dari pemberian obat ini lebih besar dibanding dengan resiko yang kemungkinan timbul maka dokter akan tetap memberikannya, yang terpenting resiko yang timbul masih dianggap resiko ringan dan akan segera bisa diatasi. Meskipun begitu baik kiranya ibu hamil tetap mewaspadai bahaya diare pada ibu hamil.

 2. Gangguan tidur

Resiko lain yang bisa terjadi jika mengkonsumsi amoxicillin yaitu gangguan tidur. Kebanyakan obat akan memberikan efek seperti obat tidur, tetapi amoxicillin memberikan efek kebalikannya yaitu efek insomnia atau gangguan sulit tidur. Hal ini tidak begitu berbahaya dengan kesehatan ibu dan janin sehingga pemberian obat antibiotik ini masih tergolong aman.

  3. Rasa terbakar di dada

Mengkonsumsi obat amoxicillin dapat menimbulkan efek samping rasa terbakar di dada. Hal ini seperti rasa panas yang terasa di dada. Jika hal ini memang sangat mengganggu kesehatan anda, maka sebaiknya hindari penggunaan obat antibiotik seperti amoxicillin, tetapi jika manfaat yang ada lebih besar daripada efek samping yang timbul maka anda walaupun sedang hamil tetap bisa menggunakannya sebagi obat.

  4. Mual

Orang yang sedang hamil memang sudah tidak heran lagi jika merasa mual. Pengguanan obat antibiotik seperti amoxicillin juga dapat menyebabkan rasa mual yang timbul. Tetapi bagi ibu hamil dan bayi yang sedang dikandung tidak akan memberikan efek yang parah. Anda tetap bisa mengkonsumsi obat antibiotik ini jika memang sudah menjadi saran dokter, karena dokter pastinya telah mempertimbangkan dengan baik untuk kesehatan Ibu Hamil.

5. Sakit kepala

Efek samping lain yang bisa timbul dari pengkonsumsian obat antibiotik seperti amoxicillin yaitu merasakan sakit kepala. Sakit kepala ini akan segera sembuh dengan bekerjanya obat antibiotik amoxicillin didalam tubuh. Bagi ibu hamil maka efek samping ini tidak begitu kronis sehingga masih aman untuk dikonsumsi jika memang penyakit yang diderita lebih parah dari efek samping yang timbul.

 6. Nyeri perut

Nyeri perut juga bisa timbul akibat dari pengkonsumsian obat antibiotik seperti amoxicillin. Nyeri perut yang timbul tidak begitu parah sehingga akan sembuh seiring dengan bekerjanya obat antibiotik didalam tubuh ibu hamil. Jika memang efek samping ini sangat mengganggu kesehatan ibu hamil, maka sebaiknya berhenti mengkonsumsi obat anti biotik seperti amoxicillin.

 7. Pendarahan

Efek samping yang cukup mencemaskan kondisi kesehatan ibu hamil yaitu pendarahan. Pendarahan pada ibu hamil memang harus diperiksakan karena berhubungan dengan kondisi janin yang ada didalam kandungan. Jika ibu hamil sampai mengalami pendarahan akibat mengkonsumsi amoxicillin maka sebaiknya berhenti mengkonsumsi karena membahayakan kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

 

Share This