Berapa Jarak Kehamilan yang Aman Setelah Operasi Caesar?

family-with-pregnant-mom
10
Oct

 

Menentukan jarak kehamilan setelah operasi caesar adalah perencanaan yang penting. Cari tahu apa yang perlu Bunda ketahui di sini.

Jarak kehamilan tidak hanya mempengaruhi jarak usia anak-anak, tapi juga berdampak pada kesehatan ibu dan bayi, terutama jika Bunda menjalani operasi caesar pada kehamilan sebelumnya.

Risiko jarak kehamilan yang dekat setelah operasi caesar

Setelah operasi caesar, Bunda perlu membiarkan tubuh untuk memulihkan diri dan mengisi kembali nutrisi yang hilang.

Misalnya, Bunda mungkin saja mengalami anemia karena zat besi sebagian besar ditransfer ke bayi dan plasenta selama kehamilan, ditambah lagi kehilangan banyak darah saat melahirkan.

Ibu yang melahirkan melalui operasi caesar kehilangan darah dua kali lebih banyak dibandingkan yang melahirkan normal.

Penelitian juga menunjukkan bahwa ibu yang hamil kurang dari 6 bulan setelah melahirkan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi kehamilan seperti ruptur uterus, bayi dengan berat lahir rendah, dan kelahiran prematur.

Jarak kehamilan yang pendek juga meningkatkan risiko Bunda mengalamiplasenta previa atau plasenta akan terpisah dari rahim. Ini adalah komplikasi serius yang dikenal sebagai solusio plasenta.

Hal ini mungkin terdengar menakutkan, tapi semua risiko tersebut terbilang rendah. Faktor yang paling penting adalah bahwa Bunda dan suami merasa siap untuk kahadiran satu bayi lagi.

Selain itu Bunda juga memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan baru sebagai orangtua. Dengan memberikan banyak waktu untuk menyembuhkan diri dan menyesuaikan diri menjadi orangtua, Bunda akan memberikan bayi berikutnya awal terbaik dalam hidup mereka.

Berapa jarak kehamilan yang aman setelah operasi caesar?

Jarak kehamilan yang aman setelah operasi caesar

Sebagai aturan umum, Bunda sebaiknya menunda kehamilan berikutnya selama 18 sampai 23 bulan. Hal ini untuk mengurangi risiko komplikasi kehamilan dan masalah kesehatan lainnya yang diuraikan di atas.

Waktu yang cukup lama tampaknya, namun Bunda baru saja menjalani operasi  besar untuk melahirkan si buah hati. Tentunya Bunda menginginkan yang terbaik bagi diri sendiri dan si calon bayi.

Namun, jika Bunda hamil kurang dari 18 bulan setelah operasi caesar, jangan panik.

Mengambil jarak kehamilan setelah caesar selama setidaknya 18 bulan memang pedoman yang dirancang untuk mengurangi risiko komplikasi, tapi banyak juga ibu yang hamil lebih cepat dari kurun waktu tersebut dan baik-baik saja.

Yang penting, jagalah baik-baik kehamilan Bunda dan selalu waspada dengan segala gejala yang terjadi.

Bila Bunda ingin melahirkan normal, sebaiknya tunggu 2 tahun.

Bunda, semoga informasi di atas bermanfaat, dan sebarkan untuk Bunda lainnya.

Share This