10 Hal Seputar Bayi Baru Lahir yang Bikin Khawatir Serta Solusinya!

Blogs ● 10 Hal Seputar Bayi Baru Lahir yang Bikin Khawatir Serta Sol..


Mumsandbabes -

Diposting : 31 Jan 2018

Memiliki buah hati yang baru lahir bisa menjadi momen bahagia bagi setiap orang tua.

Di saat yang sama, momen tersebut pun bisa menjadi kekhawatiran, terutama bagi ibu yang minim pengalaman mengasuh bayi.

Kekhawatiran tersebut bisa muncul saat mencoba merawat sang bayi di hari-hari awal setelah kelahiran. Namun Moms jangan khawatir, dilansir dari parents.com inilah 10 kekhawatiran beserta jawaban dari kekhawatiran tersebut.

1. Takut menyentuh kepala bayi

Walaupun tempurung kepala masih belum se-keras anak-anak maupun orang dewasa, jangan sampai takut ya menyentuh kepaa bayi. Saat Moms menyentuh titik lembut bayi ini, yang dikenal sebagai fontanel atau ubun-ubun, Moms tidak menyentuh otaknya. Karena tengkoraknya masih fleksibel, Moms bisa memegang dengan cukup hati-hati kok.

2. Melihat denyut di ubun-ubun

Apa yang Moms lihat adalah cara normal sistem peredaran darah bayi. Hal itu karena fontanel menutupi area tengkorak yang belum menyatu, lembut, membuat pembuluh darah dan arteri terlihat.

3. Darah di popok bayi perempuan yang baru lahir

Selama kehamilan, lonjakan tingkat estrogen ibu dapat merangsang rahim bayi perempuan. Dalam minggu pertama kehidupan, bukan hal yang aneh jika bayi perempuan terlihat seperti 'menstruasi' karena mengeluarkan darah.

4. Lekukan kecil di dada bayi

Tenang Moms, ini bukan masalah jantung. Menurut para ahli, tulang dada terdiri dari tiga bagian. Lekukan yang Moms lihat mungkin bagian bawahnya yang melekuk. Seiring pertumbuhan bayi Moms, otot dada dan perutnya akan menariknya lurus. Bahkan sebelum itu, lapisan lemak bayi akan menutupi anatomi bayi yang baru lahir ini.

5. Poop atau kotoran bayi lembut atau kenyal

Bayi yang minum ASI mungkin buang air besar setiap kali menyusui karena ASI cepat dicerna. Namun, bayi yang diberi susu formula mungkin memiliki buang air besar yang tidak terlalu sering Moms. Kotoran tersebut lembut karena konsumsi bayi semuanya cair.

6. Sering cegukan

Para ahli tidak yakin mengapa bayi baru lahir ini mengalami cegukan begitu sering. Ada yang bilang itu karena miskomunikasi antara otak dan diafragma, otot perut yang mengendalikan pernapasan. Terlepas dari penyebabnya, cegukan pada bayi baru lahir ini tidak berbahaya Moms.

7. Menangis

Bayi yang baru lahir memiliki sistem saraf yang belum matang. Dan menangis adalah satu-satunya cara untuk mengomunikasikan kebutuhannya.

8. Ruam pada wajah

Berkat hormon ibu yang masih beredar di tubuh mereka, banyak bayi baru lahir memiliki ruam. Biasanya terjadi antara 2 minggu dan 2 bulan Moms. Ini tidak berbahaya kok dan hanya membutuhkan pembersihan yang lembut.

_9. Payudara bengkak _

Hormon menyebabkan bayi perempuan juga mengalami pembengkakkanpada bagian payudaranya. Hal ini bisa terjadi pada bayi perempuan maupun laki-laki Moms.

10. Sering Bersin

Bayi memiliki hidung mungil! Hanya sedikit lendir yang akan membuat mereka bersin. Karena bayi baru lahir baru saja keluar dari rumah rahim yang 'banyak air', kemungkinan ia masih dalam proses penyesuaian diri. Hal ini yang dapat menyebabkannya cukup banyak bersin. Namun bila bersinnya disertai lendir kuning tebal, itu tandanya si kecil kedinginan Mom. Nah Moms, jangan banyak khawatir dan lebih banyak konsultasikan kepada ahli ya.



Our Brands

Lihat Semua




Dapatkan Promo Menarik!

Mari Berlangganan dan jadilah orang pertama yang mendapatkan informasi dari kami.


Top