Bolehkah Ibu Hamil Makan Permen?

candy-image
09
Aug

Banyak hal yang dapat memicu keinginan tinggi mengonsumsi makanan manis, misalnya permen saat sedang hamil. Hal ini diperoleh dari faktor hormonal estrogen yang menstimulasi nafsu makan.

Menurut ahli nutrisi dan diet Martha Belury, PhD, penyebab umum dari hasrat makan manis bisa semakin meningkat seperti kelelahan akibat kecemasan emosional, kegembiraan, kelelahan fisik, kurang tidur atau terlalu banyak tidur.

Jika Ibu merasa hasrat mengonsumsi permen sedang tinggi, cobalah untuk mengurangi beban sebanyak mungkin dengan meminta pertolongan, luangkan waktu untuk diri sendiri, dan rencanakan tidur siang setiap hari.

 

Faktanya, bagi ibu hamil yang mengonsumsi permen tidak memberi efek berbahaya bagi diri dan bayi jika tidak mengidap diabetes gestasional.

Banyak dokter kandungan yang secara rutin menyarankan ibu hamil untuk melakukan tes toleransi glukosa yang dimodifikasi beberapa saat setelah bulan ketiga untuk menentukan apakah ibu mengalami diabetes atau tidak.

Jika terbukti didiagnosis menderita diabetes gestasional, sering kali pengobatan pertama yang diwajibkan ialah dengan mengendalikan glukosa dari makanan yang rendah karbohidrat seperti permen dan menambahkan aktivitas fisik serta olahraga.

 

Kehamilan yang tidak disertai diabetes gestasional tidak perlu ragu untuk mengonsumsi permen dalam jumlah sedang, asalkan tidak menghilangkan makanan bergizi. Karena permen bisa menambah kalori kosong, camilan manis harus diminimalkan jika saat menimbang, ibu mengalami kenaikan berat badan berlebih. (*)

Sumber : Nakita

Share This