Cara Mengatasi Mual Karena Susu Saat Hamil

Cara-Mengatasi-Mual-Karena-Susu-Saat-Hamil-2-oleh-Info-Sehat-Wanita
14
Mar

Asupan gizi dan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada dalam kandungannya. Nah, untuk itu asupan makan atau pun minuman yang Anda konsumsi tersebut sebaiknya diperhatikan dengan baik dan juga tetap dijaga sesuai dengan porsinya. Bayi yang ada dalam janin ini membutuhkan berbagai gizi dan nutrisi untuk perkembangan organ dan jaringannya agar bisa sehat dan lahir dengan keadaan normal. Banyak ibu hamil hanya makan saja untuk membuat tubuhnya kenyang tanpa memperhatikan jenis makanan dan gizi yang dikonsumsi tersebut. Jumlah takaran makanan untuk ibu hamil tidak terlalu penting, karena nutrisi dan gizi adalah hal terpenting yang paling utama yang harus Anda perhatikan selama masa hamil.

Susu adalah salah satu jenis asupan yang harus ibu hamil konsumsi selama masa hamil. Jenis susu yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil ini bukanlah susu yang biasa yang sering dikonsumsi tiap harinya. Melainkan susu khusus untuk ibu hamil agar bisa mendapatkan tambahan vitamin dan juga mineral dalam tubuhnya.

 

Takaran susu yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil setiap harinya itu cukup dua gelas saja perhari. Susu khusus ibu hamil ini memiliki banyak kandungan seperti pelengkap yang baik untuk dapat memenuhi kebutuhan dari nutrisi dan gizi pada ibu hamil dan janin. Kandungan kalsium yang banyak pada susu khusus ibu hamil ini sangat membantu dalam ibu hamil dalam pertumbuhan bayi khususnya pada tulang dan juga otaknya. Susu bahkan masuk dalam jajaran makan yang sehat yang memang harus kita konsumsi setiap hari yang kita kenal sebagai 4 sehat 5 sempurna. Untuk itu kelengkapan makanan tersebut sangatlah penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan janinnya.

Di dalam susu ini terdapat berbagai macam kandungan yang sangat penting untuk ibu hamil dan janin seperti Asam Folat yang telah banyak dijelaskan pada artikel sebelumnya, ekstra tambahan kalsium, Vitamin C, Vitamin B1, B6, dan juga termasuk di dalamnya kandungan DHA dan AA yang bagus untuk perkembangan otak janin.

Segelas susu khusus untuk ibu hamil ini sangat penting dalam menjaga kesehatannya salama masa hamil. Susu yang telah dilengkapi dengan banyak protein tersebut, berfungsi untuk membangun jaringan dan organ tubuh pada janin, pembentukan sel darah, dan juga bisa memberikan anti bodi agar terhindar dari penyakit. Kalsium yang banyak dikandung dalam susu inilah yang sangat dibutuhkan dalam tubuh ibu hamil dan juga untuk janinnya. Selain untuk pertumbuhan tulang dan juga otak janin, ibu hamil juga akan terhindari dari yang namanya pengeroposan tulang atau lebih dikenal dengan istilah medisnya osteoporosis dan juga membantu ibu hamil dalam persiapan ASI.

Vitamin D juga terdapat dalam susu yang bisa membantu tubuh dalam menyerap kalsium lebih banyak. Untuk Vitamin A sendiri ini sangat penting dalam daya tahan tubuh ibu hamil, pertumbuhan rambut agar tidak mudah rontok, gigi, kuku, dan juga penglihatan pada bayi.

Namun, ternyata hampir semua ibu hamil pertama tidak menyukai susu tersebut. Alasannya pun semua hampir sama yaitu rasa dan baunya yang tidak sedap, yang membuat mereka merasa mual saat mengkonsumsinya. Padahal, kandungan yang ada dalam susu khusus ibu hamil tersebut sangatlah bermanfaat untuk tubuhnya sendiri dan juga sang janin dalam pertumbuhan dan perkembangan jaringan dan organnya. Mengkonsumsi susu ini harus sudah dimulai sejak memasuki awal kehamilan (hari pertama) dari ibu hamil. Bahkan, untuk lebih baiknya Anda bisa mengkonsumsi susu bahkan sebelum memasuki masa hamil yang juga banyak dilakukan calon ibu hamil.

Anda bisa mencoba cara mengatasi rasa mual saat minum susu khusus untuk ibu hamil di bawah ini.

  1. Perhatikan pemberian takaran susu Anda

Rasa mual akan selalu mengiringi masa hamil bagi ibu hamil yang dinamakan juga dengan morning sickness. Namun, penyebab dari rasa mual tersebut biasanya adalah karena minum susu. Nah, untuk ibu hamil yang rutin meminum susu tapi masih selalu merasa mual saat meminum susu tersebut, maka yang perlu Anda perhatikan atau siasati adalah takaran susu Anda. Biasakan terlebih dahulu tubuh Anda dengan susu yang Anda minum tersebut. Dan, agar mudah dan cepat terbiasa caranya cukup dengan mengatur takaran susu tersebut. Misal pada hari pertama sebaiknya beri takaran hanya 1 sendok makan saja (sdm). Dengan 1 sdm takaran susu tersebut, kemudian Anda campurkan dengan hanya 1/3 gelas air saja. Takaran tersebut cukup Anda minum sekali saja sehari yaitu pada malam hari saja.

Nah, jika sudah memasuki hari ke 5, Anda bisa menambah porsi takaran susu tersebut menjadi 2 sdm. Dengan takaran 2 sdm susu Anda campurkan dengan 2/3 gelas air. Ukuran porsi dari takaran tersebut, Anda minum sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan juga siang. Lanjut pada hari ke 7 Anda masih tetap menggunakan takaran yang sama dengan hari ke 5 tadi. Jika Anda sudah mulai terbiasa, maka Anda bisa meningkatkan porsi atau takarannya yaitu pada pagi dan juga malam hari.

  1. Minumlah susu sehabis makan

Bau amis saat minum susu yang biasanya membuat ibu hamil merasa mual mengkonsumsi susu tersebut. Tapi, itu hanya respon dari tubuh ibu hamil saja, karena memang belum terbiasa dalam meminum susu khusus untuk ibu hamil. Untuk itu, cara kedua dalam menyiasati agar tidak mual saat mengkonsumsi susu khusus saat hamil yaitu meminumnya setelah Anda makan pagi. Konsumsi susu pada pagi hari setelah sarapan ini cukup dengan porsi sedikit saja. Tapi, Anda harus minum susu tersebut secara sekaligus agar tubuh Anda bisa langsung terbiasa menerima rasa dari susu khusus ibu hamil tersebut.

  1. Gunakan susu yang memiliki rasa berbeda tapi tetap khusus untuk ibu hamil

Rasa adalah salah satu cara menyiasati sesuatu yang tidak disukai agar bisa dikonsumsi dengan lancar dan baik. Nah, pada susu khusus ibu hamil juga terdapat banyak sekali varian rasa yang berbeda, yang bisa menjadi pilihan Anda sesuai selera agar bisa menghindari rasa mual akibat mengkonsumsi susu khusus ibu hamil tersebut. Ada pula alternatif cara lain yaitu dengan selalu mengganti rasa dari susu khusus ibu hamil tersebut setiap minggunya. Cara ini cukup ampuh dalam mengatasi rasa mual saat minum susu khusus ibu hamil tersebut, agar Anda pun tidak merasa bosan dengan rasa yang itu saja.

 

Share This