Cara Mengatasi Rasa Malas Sarapan saat Hamil

sleepy-woman-eating-breakfast
20
Mar

 

 

Kehamilan yang menjadi anugerah tersendiri bagi pasangan suami istri itu wajib dijaga. Seperti yang kita tahu meski setiap pasangan sangat mengharapkan untuk mendapatkan kehamilan namun tidak semua pasangan yang bisa hamil. Nah, untuk itu bagi Anda yang bisa mendapatkan kehamilan sudah seharusnya Anda menjaga dan merawat kehamilan Anda dengan baik.

Tapi sayangnya (ya namanya manusia) kadang Ibu hamil juga sering melas melakukan sejumlah perawatan pada kehamilannya. Namun tentunya bukan karena tidak bersyukur bisa hamil namun karena ada banyaknya gangguan yang harus dihadapi selama kehamilan. Mulai dari rasa mual dan muntah hingga perubahan mood pada Ibu hamil. Menurut sejumlah pakar, salah satu hal yang paling sering malas dilakukan oleh Ibu hamil adalah sarapan pagi.

Rasa malas sarapan saat hamil ternyata banyak dialami oleh Ibu hamil, padahal sebenarnya saat hamil Ibu atau calon Ibu sangat sangat dianjurkan untuk bisa memenuhi jadwal makannya setiap hari. Yaitu sarapan, makan siang dan makan malam.

Khusus pada sarapan pagi, para pakar kesehatan menyebut jika sarapan adalah jadwal makan yang punya banyak manfaat. Bermanfaat bagi Ibu sendiri dan juga bagi janin yang dikandung. Hasil penelitian menemukan fakta bahwa sarapan pagi dapat membantu Ibu hamil mencegah obesitas hingga 30 persen. Bahkan dengan sarapan Anda juga mampu mencegah diabetes, serangan jantung dan juga mengendalikan perubahan mood yang terjadi pada Anda.

Tidak hanya itu, sarapan pagi juga sangat penting untuk memenuhi nutrisi, vitamin, gizi dan protein yang dibutuhkan janin untuk perkembangannya. Mulai dari perkembangan jaringan otak hingga perkembangan dan pertumbuhan organ-organ tubuhnya.

Nah, dengan banyaknya manfaat yang bisa Anda dapatkan dan juga berikan pada janin, berarti sarapan adalah rutinitas yang wajib Anda lakukan. Tapi bagaimana caranya agar Anda bisa mengatasi rasa malas sarapan saat hamil? Tenang, untuk membantu Anda saya punya beberapa cara yang bisa membantu.

Kenali Bahayanya

Bagi saya salah satu cara yang paling ajaib untuk mengatasi rasa malas adalah dengan mengetahui efek buruk yang bisa terjadi. Mungkin ini bisa Anda ikuti atau tidak. Untuk mengatasi rasa malas sarapan saat hamil Anda bisa sedikit membangun ketakutan pada diri Anda dengan bahaya yang bisa Anda sebabkan jika tidak sarapan.

Menurut sejumlah pakar, efek berbahaya yang bisa terjadi jika Ibu hamil tidak sarapan adalah kurangnya asupan pada janin yang mengganggu tumbuh kembangnya. Salah satunya adalah perkembangan fungsi dan sistem otak. Malas sarapan dapat mengurangi asupan glukosa pada janin yang menyebabkan tidak maksimalnya pertumbuhan otak.

Salah satu kekhawatiran yang diungkapkan oleh para pakar jika pertumbuhan dan perkembangan otak janin tidak maksimal adalah saat tumbuh besar buah hati akan mengalami kesulitan konsentrasi, cepat lelah dan mudah emosi atau membuat anak jadi agresif. Dan salah satu bahaya yang paling serius adalah stunting yaitu tidak maksimalnya pertumbuhan tinggi badan dan umur.

Tapi seperti yang saya ucapkan sebelumnya tips ini bisa Anda ikuti tapi bisa juga tidak.

Perhatikan Menu Makanan

Sarapan pagi yang menjadi hal bermanfaat saat hamil, karena itu bagaimanapun Anda harus bisa mengatasi rasa malas Anda. Sebenarnya bukan hal yang sulit untuk mengatasi rasa malas, karena ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Nah, salah satu cara untuk mengatasi rasa malas sarapan saat hamil adalah dengan memperhatikan menu makanan.

  • Beberapa pakar menyarankan agar Anda memilih makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Salah satu menu yang cukup baik menjadi pilihan adalah sarapan menggunakan sereal. Namun saat Anda sarapan batasi makanan tersebut dalam porsi kecil.
  • Anda juga bisa mengkonsumsi menu makanan pengganti dari menu yang tidak bisa Anda konsumsi, seperti saat Anda merasa mual saat memakannya. Misalnya, jika Anda tidak bisa meminum susu, Anda bisa memenuhi asupan makanan lainnya yang memiliki kandungan protein dan kalsium.
  • Salah satu penyebab rasa malas untuk sarapan pada wanita hamil adalah mual. Untuk mengatasi itu, Anda bisa menghindari makanan berkuah atau makanan yang terlalu basah seperti bubur, dengan makanan yang lebih kering seperti buah yang dikeringkan atau krakers. Tapi yang penting untuk Anda ingat adalah konsumsi makanan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Untuk sarapan para pakar menyarankan agar Anda tidak mengkonsumsi makanan pedas, karena hal tersebut dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan Anda.
  • Jangan konsumsi makanan yang terlalu manis, bersantan dan kandungan lemak yang tinggi.
  • Selain menu makanan Anda juga bisa mengatasi rasa malas Anda dengan meminum satu atau dua gelas air putih, hindari kopi, kreamer atau minuman soda.
  • Roti, agar-agar atau menu makanan hasil olahan susu juga bisa menjadi pilihan Anda.

Buat Pengalihan

Rasa malas sebenarnya ditimbulkan dari pikiran. Nah, untuk mengatasi rasa malas sarapan saat hamil Anda bisa sedikit “membohongi” pikiran Anda dengan membuat sebuah pengalihan. Ya, Anda bisa mengalihkan rasa malas Anda dengan sebuah perasaan senang dan bahagia, seperti saat Anda makan malam romantis dengan suami tercinta.

Berkreasi

Anjuran dari para pakar kehamilan menyebut jika Ibu hamil penting untuk memenuhi waktu makannya, termasuk sarapan. Memang benar kadang karena kesibukan dan gangguan seperti moody atau rasa mual dan muntah bisa membuat Anda malas sarapan. Tapi bagaimana pun Anda harus berusaha untuk mengatasinya.

Sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkan Ibu hamil malas sarapan, salah satunya adalah menu sarapan. Entah mungkin bosan dengan rasa yang itu-itu saja. Nah, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa melakukan sedikit kreasi pada menu sarapan Anda. Misalnya dengan mengganti menu, atau memasukkan menu tambahan baru hingga sarapan ditempat yang berbeda bisa cukup membantu Anda.

Kreativitas Anda sebenarnya sebuah hal yang bisa sangat bermanfaat, termasuk untuk mengatasi rasa malas Anda untuk sarapan pagi.

Berusaha Nikmati

Membangun perasaan nikmat juga bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi rasa malas sarapan. Seperti yang sempat saya sebutkan pada poin di atas, Anda bisa sarapan di tempat-tempat yang menyenangkan. Misalnya mengajak suami tercinta untuk menikmati sarapan bubur.

Demi janin yang Anda kandung dan juga demi kelancaran kehamilan Anda, tentu Anda wajib untuk mengatasi rasa malas, apalagi malas sarapan saat hamil.

 

Share This