Enam Khasiat Tak Terduga Jika Bayi Sering Diberikan Semangka

semangka
14
Aug

 

Pola makan bayi akan berubah sesuai usianya. Namun, yang terpenting adalah memberinya asupan nutrisi seimbang agar perkembangannya optimal. Jenis buah-buahan tropis seperti semangka ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan bagi bayi, Mums!

Untuk bayi, semangka bisa dikenalkan saat ia berusia 6 bulan dan buah ini sekaligus bisa menjadi makanan rutin untuk bayi yang berusia sekitar 8-10 bulan.

Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka dianggap sebagai salah satu buah terbaik, terutama untuk bayi.

6 Khasiat Kesehatan Semangka

1# Kaya Vitamin A: Vitamin ini bantu menjaga kulit si kecil tetap sehat dan bercahaya. Hal ini juga baik untuk meningkatkan penglihatan mata serta jaringan lunak dan selaput lendir.

2# Kaya Vitamin C: Vitamin C bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga jumlah sel darah serta hemoglobin melalui penyerapan zat besi. Hal ini juga mencegah terjadinya penyakit kulit seperti kudis.

3# Sumber Serat: Semangka adalah sumber serat makanan yang kaya. Ini membantu saluran pencernaan tetap sehat, meringankan tanda-tanda sembelit dan mengatur pergerakan usus.

4# Menjaga Bayi Terhidrasi: Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka membantu bayi tetap terhidrasi dengan menjaga keseimbangan air di tubuh. Bila cuaca panas begitu terik, ada kemungkinan bayi mengalami gangguan dan ketidaknyamanan yang membahayakan si anak.

Dengan rutin memberikan semangka untuk MPASI bayi, nutrisinya dapat mempertahankan tingkat hidrasi selama cuaca panas.

5# Perkembangan Tulang: Kalsium dan magnesium yang hadir dalam semangka sangat penting untuk perkembangan tulang dan sekresi hormon dalam tubuh. Magnesium membantu membangun otot yang kuat dan sehat, lalu meningkatkan kelancaran fungsi saraf pada bayi.

 

6# Vitamin B Kompleks: Vitamin ini memberikan manfaat berbeda, di mana perkembangan anak secara keseluruhan dapat dilihat dari sistem saraf, yang memperkuat kandungan protein dan metabolisme karbohidrat pada bayi.

Aturan Memberikan Semangka untuk Bayi

  • Semangka harus diberikan kepada bayi setelah berumur 6 sampai 8 bulan.
  • Tekstur buah juga sangat penting saat diberikan pada bayi. Cobalah memotong kecil semangka. Jika bayi tidak mau makan, cobalah menumbuknya sedikit.
  • Pastikan semangka yang dibeli dari toko berkualitas tinggi.
  • Potongan buah yang disimpan di kulkas harus dibawa keluar dan dibawa ke suhu kamar untuk menghindari flu.
  • Jus semangka yang tersedia di toko dapat meningkatkan risiko lubang gigi dan juga bayi akan kehilangan minat pada makanan padat.
  • Beberapa bayi dapat mengalami reaksi alergi seperti ruam, diare, muntah, dan pusing jika mengonsumsi semangka.
  • Bersihkan biji semangka terlebih dahulu, sehingga risiko tersedak dihindari.

 

 

 

Share This