Ingin Batita Cepat Membaca? 4 Langkah Stimulasi Ini Perlu Dicontoh, Bu!

shutterstock_251541382
23
Sep

Semua ibu tahu pentingnya membaca untuk anak-anak, terutama mereka yang siap untuk masuk Taman Kanak-kanak. Tapi bagaimana cara menumbuhkan minat baca pada anak sejak dini?

Mungkin di usia batita, anak memang lebih ingin bermain dan mengekspor segala hal dibandingkan hanya berdiam diri dengan buku bacaannya.

Namun, ada banyak cara agar anak minat membaca sehingga nantinya kemampuan dalam membacanya pun semakin terasah. Misal, dengan melakukan rutinitas mendongeng sebelum tidur.

Bila Ibu masih bingung dan kesulitan, yuk coba langkah-langkah ini! Dijamin anak bisa baca dengan cepat.

1. Baca sendiri.

Beberapa kenangan paling awal yang dimiliki setiap anak adalah tindakan dan kejadian yang mereka lihat berulang kali. Karenanya, anak secara perlahan tertarik untuk membaca dimulai ketika orangtuanya juga senang membaca.

Luangkan waktu setiap hari untuk membaca sesuatu, seperti koran, majalah, buku, bahkan resep masakan. Batita senang meniru orangtua , jadi biarkan kegemaran membaca itu menular.

2.  Seringlah membaca bersama anak.

Batita memang memiliki rentang perhatian yang pendek, tapi buku dengan sedikit tulisan dan buku bergambar adalah sarana terbaik untuk menumbuhkan minat anak. Biarkan mereka membantu membalik halaman dan menunjuk ke objek yang mereka lihat.

Jika anak coba memanjat ke pangkuan Ibu saat sedang belajar atau membaca, beritahu mereka tentang apa yang kita baca.

 

Anak paling senang mendengar cerita yang didukung dengan visualisasi menarik. Ibu bisa menggunakan ide kreatif dengan menggunakan boneka sebagai contoh yang digunakan untuk memeragakan sesuai alur cerita.

Agar lebih mendukung, ubahlah suara Ibu untuk karakter yang berbeda guna menjaga perhatian anak pada kita. Meski demikian, tetap gunakan suara asli Ibu saat memberikan narasi.

4. Baca saat ditanya dan bersemangatlah melakukannya.

Anak-anak selalu tahu kapan Ibu tidak ingin melakukan sesuatu. Mereka akan selalu meminta kita membacakan cerita, dan saat permintaan mereka disambut dengan antusias, mereka akan cenderung meminta  lagi. Jadi selalu bersemangat membaca dengan anak.

Pertama, angkat tubuh anak ke pangkuan atau di samping Ibu. Biarkan mereka tahu bahwa Ibu melihat dan mendengar permintaan mereka. Bacakan cerita untuk anak, beristirahatlah dan rileks bersama mereka.

Semoga sukses, Mum!

Share This