Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mudik dengan Bayi

9736-ini-kesalahan-yang-sering-dilakukan-saat-mudik-dengan-bayi
30
Jun

Hari raya Idul Fitri sebentar lagi tiba. Apakah Ibu sudah merencanakan perjalanan mudik? Jika Ibu dan Ayah akan mudik bersama bayi, perhatikan dan hindari kesalahan berikut agar mudik dengan bayi jadi menyenangkan dan tidak merepotkan.

 

1. Tidak memenuhi jam biologis bayi

Keinginan untuk mencapai kampung halaman tepat waktu memang menjadi hal yang diinginkan oleh siapa saja yang mudik. Namun, saat membawa bayi Ibu perlu lebih fleksibel dalam hal waktu. Elizabeth Pantley, penulis buku Baby Gentle Care mengungkapkan saat menempuh perjalanan jauh, Ibu perlu melihat jam biologis bayi, seperti kapan waktunya menyusu, tidur, makan, buang air besar, dan bermain.

Artinya saat ia mulai merasa lelah atau membutuhkan makan, misalnya, Ibu perlu mengondisikan agar kebutuhan makan bisa terpenuhi dengan baik. Jangan sampai waktu makan bayi terlambat atau terlewat.

 

2. Mengajak bayi hanya tidur saja

Salah satu cara yang aman agar bayi tidak rewel adalah dengan mengajaknya tidur. Padahal ada cara lain yang bisa Ibu lakukan misalnya mengajaknya bermain. Kegiatan selama perjalanan lama sangat dibutuhkan agar bayi tak mudah merasa bosan.

Selain itu, Ibu juga perlu melihat apa saja yang kira-kira membuat bayi rewel. Misalnya bisa saja bayi merasa gerah sehingga butuh waktu untuk membersihkan badan dan mengganti bajunya. Memaksa bayi tidur sepanjang perjalanan akan mengubah jam tidurnya sehingga ia akan jadi susah tidur saat sudah tidak di dalam mobil.

 

3. Kurang memerhatikan kebersihan

Selain kebersihan tubuh, kebersihan makanan yang dikonsumsi sangat penting diperhatikan. Di perjalanan, dua hal itu memang lebih sulit dilakukan. Untuk itu, Ibu perlu menyiapkan perlengkapan makan dan mandi yang praktis tetapi tidak mengurangi kualitasnya.

Perhatikan betul apakah bekal makanan bayi masih segar dan tidak basi. Buah-buahan sebaiknya dibawa dalam keadaan utuh atau belum dipotong-potong untuk mengurangi risiko kontaminasi kuman atau polusi.

Nah itulah 3 kesalahan beserta saran agar mudik dengan bayi tidak menyisakan drama yang melelahkan. Jangan lupa, Ibu dan Ayah harus kompak dan bersedia menyesuaikan perjalanan dengan kondisi bayi.

Share This