Ini Lho Mums 5 Kiat Terbaik Mengusir Baby Blues

postpartum-depression
25
Oct

Menurut sebuah penelitian, post partum syndrome atau baby blues dialami 50-80% ibu seusai melahirkan. Perasaan ini muncul karena adanya campuran rasa gelisah, lelah, dan perubahan hormonal di dalam tubuh. Hal ini normal, meski ada beberapa wanita yang merasakan baby blues lebih kuat.
Atasi baby blues dengan cara:

  • Istirahat cukup. Mungkin Anda tak dapat tidur teratur 8 jam seperti dulu, karena harus bangun tiap 3 jam sekali untuk menyusui. Jadi, atur waktu istirahat. Saat bayi tidur, usahakan Anda juga tidur.

 

  • Katakan kepada pasangan jika Anda butuh bantuan. Anda bisa membagi waktu untuk mengurus si kecil bersama pasangan. Minta bantuan asisten rumah tangga untuk merawat kebersihan rumah dan pakaian bayi, karena Anda pasti tak sempat menjalankannya.

 

  • Bermainlah dengan bayi,
  • Ajak ia bicara, nyanyikan lagu, lalu tataplah matanya. Melihat tumbuh kembangnya dari waktu ke waktu akan mengurangi rasa penat.

 

  • Dengan sesama bunda 
  • Ajak teman-teman yang juga memiliki bayi atau balita untuk sekadar makan siang bersama. Mendengarkan cerita dansharing dari sesama bunda akan membantu menstabilkan emosi, dan membuka mata bahwa Anda tidak pernah sendirian

 

  • Konsultasi kepada psikolog
  • jika baby blues berlangsung lama untuk menghindari terjadinya depresi pascamelahirkan.
Share This