Ini Lho Mums Cara Jitu Jika Si Kecil Tak Mau Potong Rambut

kids-haircut-22
03
Oct

Dear Mums

 

Saat ini telah tersedia beberapa salon yang mengkhususkan diri untuk anak-anak. Hal ini dikhususkan Untuk anak balita yang masih sulit untuk dipotong rambutnya, Interiornya bergambar dan berwarna-warni, serta peralatannya pun disesuaikan dengan banyaknya benda tumpul. Misalnya, kursi-kursinya berbentuk mobil-mobilan atau binatang. Disediakan pula berbagai permainan yang bisa mengalihkan perhatian anak dari kegiatan potong rambut yang tidak disukainya.
Coba Anda bawa anak ke salon yang suasananya menarik seperti salon khusus anak yang para pemotong rambutnya juga sudah dilatih untuk menghadapi anak-anak, sehingga mereka pasti lebih sabar.

Jika usaha ini belum berhasil, coba amati lagi hal apa yang membuat anak tidak suka dipotong rambutnya. Apakah ada pengalaman yang tidak menyenangkan baginya dengan kegiatan potong rambut ? Misalnya, sejak kecil ia selalu dipaksa untuk dipotong rambutnya? Atau mungkin, ada pengalaman yang tidak menyenangkan baginya dengan gunting; sehingga ia sangat takut melihat gunting.

Hal lain yang bisa membuat anak takut dipotong rambutnya adalah kekhawatirannya bahwa digunting rambut sama sakitnya dengan kalau jarinya kena gunting, misalnya. Dalam hal ini, mums perlu memberikan contoh nyata bahwa kalau rambut digunting itu tidak sakit. Bujuk dia untuk mau dipotong sedikit saja rambutnya untuk bisa mendapatkan pengalaman yang sebenarnya.

Jadi, yang penting, sabarlah dalam menghadapi ketakutan anak ini. Sekali-sekali, ajak dia ke salon ketika Mums and Dads mau potong rambut; sehingga ia bisa melihat bahwa Mums atau Dads baik-baik saja ketika dipotong rambutnya. Usahakan untuk memotong rambutnya, Dia dalam suasana yang menyenangkan. Dampingi dia untuk meningkatkan keberaniannya.
Hal terakhir, reward atau hadiah selalu bisa menjadi hal efektif dalam membiasakan suatu perilaku pada anak, Jadi, kalau suatu kali si kecil mau dipotong rambutnya tanpa menangis, berikanlah dia hadiah. namun jangan sampai cara ini dijadikan suatu kebiasaan ya Mum, Selalu tanamkan informasi bahwa memotong rambut itu baik untuk kerapihan dan juga kebersihan.

 

Share This