Ini Lho Mums Cara Membedakan Kontraksi Asli dengan Kontraksi Palsu

stock-footage-pregnant-woman-looking-at-ultrasound-scan-of-baby-with-doctor-shot-on-canon-d-mk-with-a-frame
04
Mar

 

Ketika anda memasuki kehamilan di minggu ke 21 anda mengalami rasa tidak nyaman seperti mengalami kontraksi, anda mungkin bertanya tanya mungkinkah kelahiran prematur akan menimpa anda? Hal tersebut belum tentu terjadi, mungkin anda mengalami kontraksi palsu yang disebut dengan istilah kontraksi Braxton Hick. Kontraksi palsu atau braxton hicks adalah kontraksi rahim sporadis yang dimulai sekitar 6 minggu dalam kehamilan anda, meskipun pada umunya tidak semua ibu hamil mengalami kontraksi palsu. Sebagian lagi dari ibu hamil mengalami kontraksi palsu pada kehamilan trimester akhir. Sebagai kehamilan berlanjut kontraksi braxton hicks cenderung datang lebih sering hingga memasuki minggu terakhir kehamilan anda. Meskipun pada setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda, kontraksi palsu pada umumnya tidak menyakitkan.

Berikut adalah cara membedakan kontraksi asli dengan kontraksi palsu atau Braxton Hicks :

  1. Anda dapat membedakan rasa dari kontraksi palsu yang mulas akan tetapi tanpa rasa nyeri yang dimulai dari bagian atas rahim anda hingga ke bagian bawah sedangkan pada kontraksi asli dimulai dengan rasa mulas dan rasa nyeri di bagian pinggang sampai pada perut bagian bawah.
  2. Pada umunya braxton hiks sering terjadi pada usia kandungan memasuki 20 minggu atau trimester kedua. Bahkan pada usia kandungan jauh lebih awal dari usia ke 20 minggu dan terjadi hingga masa persalinan berlangsung. Sedangkan untuk kontraksi yang sebenarnya akan terasa pada usia kandunga yang cukup bulan yaitu berusia 27 hingga 40 minggu.
  3. Dalam durasi berlangsung kontraksi palsu akan berlangsung selama lebih dari 20 detik bahkan mencapai 2 menit atau lebih sedangkan untuk kontraksi asli 30-60 detik dan pada fase persalinan paling lama akan terjadi 75 detik saja.4.  Ciri lain yang bisa anda bedakan ketika kontraksi asli adalah makin lama terjadi kontraksi maka makin kuat terasa sakit dan area kewanitaan anda seperti mengeluarkan sesuatu sedangkan pada kontraksi palsu akan menghilang dnegan sendirinya. Bila anda mengalami kontraksi palsu akan hilang ketika anda mengubah posisi duduk atau berbaring.

Adapun langkah yang bisa anda ambil untuk mengurangi rasa tidak nyaman dari kontraksi palsu adalah sebagai berikut :

  1. Mengubah aktivitas Anda atau posisi. Kadang-kadang dengan berjalan memberikan bantuan anda untuk mendapatkan keadaan yang nyaman.
  2. Anda dapat mandi dengan menggunakan air hangat untuk membantu tubuh anda rileks.
  3. Cobalah minum beberapa gelas air, karena kontraksi ini kadang-kadang dapat disebabkan oleh dehidrasi .
  4. Cobalah latihan relaksasi pernapasan anda. Ini tidak akan menghentikan kontraksi Braxton Hicks, tetapi dapat membantu Anda mengatasi ketidaknyamanan.

Muncul pertanyaan dari anda apakah kontraksi palsu membutuhkan penanganan ahli medis,hubungi dokter atau bidan anda segera jika Anda belum mencapai 37 minggu dan kontraksi menjadi lebih sering, berirama, atau menyakitkan, atau jika Anda memiliki salah satu dari tanda-tanda kemungkinan persalinan prematur seperti nyeri perut atau kram seperti anda sedang menstruasi atau juga lebih dari empat kontraksi dalam satu jam, terjadinya pendarahan dan juga peningkatan cairan vagina dan jenisnya berdarah atau berair lebih banyak. Jika Anda melewati usia kandungan 37 minggu, tidak perlu untuk memanggil dokter atau bidan hanya saja untuk kontraksi sampai mereka berlangsung sekitar 60 detik setiap lima menit dan terpisah dan terus seperti ini selama satu jam kecuali ahli medis Anda telah menyarankan sebelumnya.

Mums & babes Indonesia Toko Perlengkapan Bayi

Share This