INI MUMS CARA MENDUKUNG TUMBUH KEMBANG OPTIMAL SI KECIL DENGAN IMUNITAS YANG BAIK

kid-997026_960_720
31
Oct

 

Sebagai orangtua, penting bagi Ibu untuk memahami bahwa tingkat kematangan sistem imunitas pada bayi dan anak-anak belum sematang sistem imunitas orang dewasa. Hal ini merupakan salah satu faktor mengapa bayi dan anak-anak lebih rentan terserang penyakit ketika ia terpapar bakteri atau kuman, seperti demam, flu, batuk hingga diare.

 

Meningkatkan Imunitas Anak

Sistem imunitas merupakan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan zat asing yang dinilai dapat membahayakan tubuh. Saat kekebalan tubuh melemah, maka perlindungan tubuh akan melemah, sehingga mempermudah masuknya virus ke dalam tubuh dan berkembang.

Agar perkembangan daya tahan tubuh si Kecil optimal, pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan kemudian dilanjutkan dengan tambahan MPASI hingga usia 2 tahun. Beberapa organisasi ilmiah, di antaranya FAO/WHO, The European Society for Pediatric Gastroenteorology and Nutrition, International Society for the Study of Fatty Acids and Lipids, dan The British Nutrition Foundation,  merekomendasikan pemberian ASI. Melalui pemberian ASI, kekebalan tubuh anak meningkat dan memberikan perlindungan terhadap penyakit.
Tahukah Ibu bahwa saluran pencernaan berperan sebagai benteng terdepan pertahanan tubuh dalam menghadapi bakteri jahat (patogen)? Sebanyak 70% sel-sel imunitas berada di dalam saluran cerna, oleh sebab itu dengan saluran cerna yang sehat, si Kecil dapat menyerap gizi dengan baik sehingga mendukung tumbuh kembangnya secara optimal.
Seperti orang dewasa, bayi dan anak-anak juga berisiko mengalami infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Mudah atau tidaknya terjangkit  infeksi yang dtularkan melalui udara (airborne infection) ini, tergantung pada kekuatan sistem imunitasnya. Apabila sistem imunitasnya kuat, maka risiko terjangkit infeksi tersebut kecil.
Faktor pendukung lain yang dapat meningkatkan sistem imunitas si Kecil adalah makanan. Ibu direkomendasikan untuk memberikan berbagai jenis makanan, seperti buah, sayur, madu, ikan, telor. Jenis-jenis makanan tersebut mengandung prebiotik dan zat antioksidan yang dapat  mendukung sistem imunitasnya.
Interaksi yang berkualitas antara Ibu dengan si Kecil juga turut berperan. Semakin sering melakukan komunikasi, memberikan

penghargaan atas ekspresi dan emosi anak, serta memberikan rasa aman dan kepercayaan pada anak, dapat berperan dalam mendukung tumbuh kembang si buah hati agar optimal.

 

Share This