Ini lho Mums Gerakan Janin di Masa Kehamilan Yang Menggemaskan

hands on pregnant stomach
22
Jul

Apakah anda sebagai calon Mums sudah menyadari apa saja perilaku Janin di dalam kandungan?yuk simak ulasan berikut ini

Anda sebagai calon orang tua pasti akan sangat merasa bahagia ketika merasakan gerak janin pada masa kehamilan. Tanda gerakan janin pada perut ibu hamil biasanya akan terjadi pada minggu ke-18 sampai dengan minggu ke-22, bumil tentu yang akan merasakannya pertama kali dan akan terharu sampai menangis karena takjub dengan penciptaan Tuhan. Menurut penelitian bahwa kebanyakan janin akan bergerak paling tidak sepuluh kali dalam satu hari, dan yang paling sering bisa satu kali setiap jam. Bayi di dalam kandungan akan terasa lebih lincah dan aktif pada waktu malam hari, hal itu disebabkan oleh peningkatan produksi hormon pada tubuh ibu hamil.

Perlu Mums ketahui bahwa setiap janin berbeda dalam hal kelincahan bergeraknya antara satu dengan yang lain. Sehingga jika ada janin yang tidak terlalu kuat dalam bergerak maka janin itu bukan berarti kurang gizi, kelainan, dan lainnya. Perbandingan yang dilakukan sendiri akan berakibat pada kesalahan analisa, sebaiknya konsultasi pada para pakarnya, misalnya dokter kandungan. Dan ini lho Mums beberapa gerakkan yang menggemaskan itu:

1.Janin Mengulet.

Bunda biasanya mengulet di pagi hari sebelum beraktifitas lainnya, ternyata dedek Janin tercinta turut melakukannya di dalam perut. Bayi dalam kandungan bisa merasakan rasa capek setelah tidur lama. Bahkan janin dalam perut bisa mengulet lebih dari satu kali sehari. Ada juga bumil yang terbangun karena gerakan janin mengulet di dalam perutnya di pagi hari. Anda akans semakin merasakan gerakan janin jika pada posisi berbaring atau telentang.

2.Janin Berolahraga.

Bunda mungkin merasakan tendangan dan sikutan secara beruntun di perut dari sebelah kanan ke kiri, dari bagian bawah ke depan dan ke atas. Gerakan beruntung itu adalah olahraga dedek janin sedang melatih otot tubuh agar lebih cepat berkembang.

3.Janin Mengisap Jempol Tangan.

Isap jempol tangan biasanya kita lihat pada bayi dan balita, bahkan anak-anak dan orang dewasa. Tidak ketinggalan asyiknya kebiasaan isap jempol, janin dalam perut turut melakukannya. Menurut penelitian janin isap jempol ketika ada makanan enak yang sedang dimakan bunda.

4. Janin Bergerak Berputar. 

Jika bumil adalah seorang yang tidak pernah diam atau ibu rumah tangga yang selalu sibuk urusan di rumah, maka janin Anda tidak mau mengalah. Janin tercinta akan memegang tali pusar dalam perut, kemudian melakukan gerakan berputar sambil pegangan tali pusar. Dia bisa berputar beberapa kali dalam satu waktu.

5. Janin Mengetuk

Ibu hamil akan mengetuk pintu ketika bertamu ke rumah seseorang, janin yang berumur 24 minggu dapat merespon gerakan sensitif pada permukaan kulit perut ibunya, hal itu karena janin sudah berkembang sistem saraf pusat di seluruh tubuhnya. Jika adan memberikan usapan tangan pada perut dengan sedikit tekanan, janin akan membalas gerakan itu dengan mengetuk perut ibunya.

 

Share This