Jangan Khawatir Jika SI Kecil Stress Ketika Hendak Menghadapi Ujian Sekolah Pertamanya

kecil stress
27
Feb

 

Belajar merupakan sebuah proses yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia.

Sepanjang kita hidup proses belajar tidak akan pernah berhenti dilakukan oleh manusia. Berbicara mengenai belajar, sebagai orang tua pastilah anda menginginkan anak anda untuk rajin belajar dengan salahsatu tujuan pencapaian ialah prestasi belajar yang baik bukan? Namun tahukah anda jika terkadang proses belajar tersebut menjadi kegiatan yang mengesalkan dan membosankan bagi anak anda?

Proses belajar terkadang memang membosankan bagi banyak anak-anak, apalagi ketika pengemasannya tidak menarik dan terdapat tekanan yang membebani mereka. Dalam pembelajaran formal siswa belajar kemudian akan dinilai perkembangan dan perubahannya melalui hasil sebuah ujian. Masalahnya ujian sendiri terkadang menjadi sebuah beban yang cukup berat bagi anak-anak, sebab tuntutan lingkungan membuatnya memikirkan bagaimana caranya agar ia berhasil melewati dan menjawab berbagai soal yang diajukan.

Jika dibandingkan dengan belajar biasa untuk menghadapi kegiatan belajar sehari-hari anak-anak cenderung lebih santai dalam belajar, karena tuntutan serta resikonya lebih kecil ketimbang menghadapi ujian, oleh karena itu terkadang dalam menghadapi ujian yang nilai tekanannya berat anak-anak akan merasa terbebani ketika melakukan proses belajar sebagai persiapan. Beban yang dipikul anak ketika belajar menghadapi ujian sebenarnya bisa menjadi boomerang juga bagi mereka, sebab justru membuat pikirannya menjadi kalut dan sulit menerima dan menyerap informasi dari bahan pelajaran mereka.

Oleh karena itu secara teknis dan juga psikis anak-anak sebaiknya dibantu oleh orang tua, sehingga ia tetap bisa belajar dengan rileks serta santai tanpa stress memikirkan bagaimana ujian dan hasil akhirnya nanti.

  1. Membuat Suasana Belajar yang mengasyikan Bagi Anak

Mengingat seringkali proses belajar itu dirasakan sangat membosankan dan melelahkan bagi anak-anak, maka setidaknya diperlukan situasi yang kondusif untuk membantu anak anda tersebut belajar dengan lebih menarik, apalagi menjelang masa-masa ujian yang tentunya akan membuatnya merasa cemas dan khawatir.

Proses pembelajaran yang menarik akan membuat perasaan stress dan malas belajarnya hilang. Motivasi belajar yang tinggi tentunya akan membuat hasil belajar anak akan lebih optimal. Ada begitu banyak faktor yang membuat anak anda lebih santai ketika berlajar yang salahsatunya adalah berasal dari pengkondisian psikisnya.

Berikut ini ada beberapa langkah sederhana yang bisa anda terapkan kepada anak anda agar ia bisa lebih santai ketika belajar dan tidak stress dalam menghadapi ujian dan proses belajar. Berikut ini tipsnya:

2. Bantu dan Buat Anak Berpikir positif

Pikiran yang positif memang merupakan hal yang cukup fundamental di dalam kehidupan manusia, bahkan di kehidupan anak-anak yang terhitung masih polos dan belum memiliki kemampuan berfikir kompleks seperti orang dewasa. Dengan berfikiran positif maka kepercayaan dan motivasi anak anda bisa kembali bangkit dan meningkat. Di titik ini anak anda akan merasa lebih tenang dalam menghadapi kemuungkinan dari hasil belajar yang telah mereka lakukan , kemungkinan akan gagal selalu ada, namun kepercayaan diri karena telah mencoba yang terbaik untuk mempelajari sesuatu menjadi salahsatu sumber kekuatan baginya untuk terus belajar dengan santai dan tidak tertekan. Bantulah anak anda menyingkirkan semua pikiran negatif yang membuat proses belajar menjadi sesuatu yang menegangkan, sebab pada dasarnya dengan belajar yang santai dan tenang, maka informasi dan hal-hal yang kita pelajari akan lebih mudah untuk dicerna dan ditangkap.

3. Ajak Anak Anda Menghirup Udara Segar

Menghadapi sesuatu yang menegangkan memang membuat seseorang menjadi stress dan tertekan, apalagi jika hal tersebut salahsatu hal penting di dalam hidup kita. Sebagai orang tua anda pastti pernah mengalaminya dan menyadari betul jika kondisi tersebut bisa mempengaruhi kondisi anak anda. Dalam kondisi seperti ini anak-anak biasanya akan cukup tertekan dan stress akibat beban yang mereka terima. Proses belajar yang biasanya berjalan santai mungkin akan terasa berat dan malas untuk anak anda jalankan, oleh karena itu tidak ada salahnya untuk sebentar saja anda mengajaknya untuk menghirup udara segar barang sebentar untuk kembali menetralisir ketegangannya tersebut. Dengan hati yang tenang dan pikiran yang sudah kembali positif, anak anda sudah siap kembali belajar untuk menghadapi ujian yang akan dihadapinya segera.

4. Renggangkan Otot dan Buat Anak Anda Menjadi Lebih Rileks

Terus pantau dan perhatikan anak anda ketika ia sedang belajar, terkadang begitu banyak kesuliitan dan godaan ketika proses belajar berlangsung. situasai yang penuh dengan tuntutan tidak jarang membuat banyak otot menjadi tegang dan tidak rileks, di saat itulah anda bisa hadir dan membatunya sedikit merenggangkan otot dengan gerakan kecil dan permainan yang menyenangkan. Buat situasi kembali pada titik santai, sehingga ia kembali bisa belajar dengan tenang dan siap menghadapi tantangan apapun yang datang di kala sedang ujian. Gerakan-gerakan kecil yang sederha bisa anda ajak untuk dipraktikan bersama, berdua dengan anak anda.

Mums & babes Indonesia Toko Perlengkapan Bayi

Share This