Thalia Masih Sering Nenen dan Tak Mau Disapih Hingga Usia 2 Tahun. Sarwendah Sempat Galau

11164-thalia-masih-sering-nenen-dan-tak-mau-disapih-hingga-usia-2-tahun-sarwendah-sempat-galau
14
Oct

Anak pertama dari pasangan artis Sarwendah dan Ruben Onsu, Thalia telah genap berusia 2 tahun. Selain tumbuh sehat dan cerdas, ternyata si kecil baru belajar disapih ketika umurnya 2 tahun 4 bulan. Kenapa?

Dilansir dari Instagram pribadinya, Wendah menjelaskan secara detail mengapa Thalia baru berhasil disapih ketika menginjak batita.

“Alia dari dulu minum ASI dari lahir sampai akhirnya baru disapih saat umur 2thn 4bln lewat 2hari.. Alia dari dulu maunya minum langsung enggak mau yang hasil pompa, alhasil aku punya puluhan anak ASI yang sebelum aku menjadi donor ASI, aku melakukan test yang menyatakan ASI-nya aman dan sehat..” tulis Wendah pada caption foto.

Perempuan 28 tahun ini melanjutkan, mulai usia 1,5 tahun, Alia sudah pernah diingatkan oleh sang ibu jika saat ia berumur 2 tahun, Alia sudah tidak bisa nenen lagi.

“Alia bilang iya, tapi ternyata kenyataannya beda, Alia malah makin menggila nenennya dan Bundanya juga gak tega kalau liat dia minta selalu dikasih.”

Usaha pun tak berhenti sampai di sini. Ternyata Wendah selama ini menggunakan berbagai cara agar putrinya tak terus-terusan menyusu.

“Pernah coba dikasih lipstik tapi yang ada Alia malah jadi marah. Coba kasih lemon yang asem tetap Alia bilang asem tapi lanjut nenen. Terakhir coba pakeinbrutowali dan Alia bilang pahit tapi tetep nenen,” tambahnya.

Karena merasa gagal dan hampir menyerah, mantan personel Cherrybelle ini pergi menemui dokter untuk meminta resep vitamin. Hasilnya, Thalia tidak cocok dan malah mual-mual.

Hal lain yang sudah dicoba ialah dengan bepergian tanpa kehadiran Alia. Tentu setelah tindakannya ini didukung oleh suami dan semua keluarga.

“Selama ini enggak pernah yang namanya pergi tanpa Alia, akhirnya kemarin itu aku pergi untuk pertama kalinya tanpa Alia, Alia sama kakek neneknya, dengan galau akhirnya aku pergi 3 hari, dan selama itu selalu video call dan Alia pun sempat ngambek dan aku jadi nangis,” tutur Wendah.

Dengan perjuangan panjang, nyatanya hal yang satu ini tak mempan untuk Thalia berhenti menyusu pada ibunya.

Namun, cara memberikan brutowali pada saat si kecil nenen tentu akan terasa pahit. Walau awalnya sempat marah-marah, Alia akhirnya mulai paham dan sudah hari ketujuh ia mau disapih setiap malamnya.

Bagi Ibu yang masih berjuang untuk menyapih anak dengan aman, berikut 3 tipnya:

1. Menyapih yang aman sebaiknya pastikan kondisi anak dalam keadaan sehat. Hindari menyapih saat anak sedang sakit, marah atau sedih karena akan membuat anak semakin tertekan dan tidak bahagia. Proses menyapih pun tak lagi aman dan menyenangkan.

2. Komunikasikan keinginan menyapih yang aman dengan pasangan.  Penyapihan dapat berjalan lancar bila ada dukungan positif dari suami. Selain itu, berbicaralah pada anak ketika ingin menyapih dengan aman walaupun kemampuan komunikasinya belum berkembang baik.

3. Jelaskan pada anak secara logis tentang menyapih yang aman, mengapa ia harus berhenti menyusu pada ibu. Umpamanya, anak harus disapih karena anak sudah berusia 2 tahun, sudah pintar makan nasi, buah, sayur, dan sebagainya.

Share This