Kapankah Bayi Dapat Tengkurap Sendiri?

tengkurap 1
24
Aug

Kita akan mengetahui sejauh mana Si Kecil dapat berkembang dengan memantau pergerakan serta bahasa tubuhnya, Apakah Mums telah menyadari kapan Si Kecil dapat tengkurap Sendiri? Yuk Kita Simak ulasan berikut ini

Dear Mums

Perkembangan kemampuan tengkurap pada bayi satu dengan yang lainnya berbeda. Ada sebagian bayi yang sudah bisa menengkurapkan dirinya ketika usianya berusia 2 bulan, sementara ada pula sebagian lainnya yang bisa menengkurapkan tubuhnya ketika bayi berusia 3 atau 4 bulan. Itu artinya, fase perkembangan tengkurap bayi antara bayi satu dengan bayi lain mengalami perbedaan dan tidak dapat disamakan. Namun, secara umum bayi akan mulai bisa melakukan usaha untuk tengkurap sendiri disaat umur 3 hingga 6 bulan.

Untuk itu, bagi para orangtua sebaiknya jangan mengkhawatirkan bayi jika anda mengalami perkembangan telat untuk tengkurap sendiri sebab banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan bayi untuk dapat menengkurapkan tubuhnya sendiri salah satunya adalah fakor berat badan bayi yang semakin gemuk. Lantas adakah cara untuk menstimulasi bayi agar bisa tengkurap sendiri? Jawabannya ada. Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Tengkurapkan bayi pada kedua paha anda secara perlahan. Posisi seperti ini akan membuat kepala bayi tergantung dan melatih dirinya untuk dapat mengangkat kepalanya sendiri.

2. Mulailah melatih bayi anda untuk tengkurap setiap hari dalam waktu yang seingkat. Bantu bayi untuk membalikkan tubuhnya dan biarkan ia berada dalam posisi tengkurap selama 2-3 menit. Bila bayi telah terbiasa anda bisa meningkatkan durasinya menjadi 7-10 menit sehari.

3. Jika bayi anda belum dapat mengangkat kepalanya sendiri, maka bantulah bayi dengan cara memberikan sanggahan berupa bantal untuk menopang dagunya.
Namun tetap perhatikan pengawasan anda demi keamanaan si bayi.
Anda bisa meletakan bayi diatas tubuh anda yang terlentang dan biarkan bayi tengkurap. Posisi ini akan menjaga kontak mata bayi dengan anda dan membuat bayi merasa terlindungi.

Semoga Bermanfaat Ya Mums

Share This