Kelengkeng Untuk Ibu Hamil, Apakah Bermanfaat?

14
30
Aug

Untuk mengetahui apa saja manfaat buah kelengkeng bagi ibu hamil, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa saja kandungan dari buah yang bernama latin  ini.  Kami ketahui bahwa kelengkeng rupanya mengandung beberapa senyawa penting dalam menjaga kesehatan tubuh terutama bagi mereka yang tengah hamil. Kelengkeng mengandung sukrosa, glukosa, vitamin A, vitamin B, lemak, protein, asam tartaric, dan fitokimia. Semua kandungan ini memberikan manfaat-manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan Stamina Kandungan glukosa dan sukrosa yang ada dalam buah kelengkeng dapat berguna dalam meningkatkan stamina ibu hamil yang kadang turun. Ibu hamil yang sering mudah lemas dan tak bersemangat dianjurkan untuk makan buah kelengkeng setelah makan. Konsumsi kelengkeng sebagai buah pencuci mulut juga diketahui dapat mengatasi masalah susah tidur di malam hari jika dikonsumsi dalam jumlah dan waktu yang tepat.

2. Sebagai Obat Cacing Kandungan asam tartic dalam buah kelengkeng dapat mengatasi masalah cacingan pada ibu hamil. Ibu hamil yang dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi obat cacing di masa kehamilannya harus memilih menggunakan obat cacing alami yang tanpa efek samping seperti buah kelengkeng ini.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan Masalah pencernaan yang sering terjadi pada ibu hamil trimester pertama seperti mual, mulas, perut kembung, diare, serta susah buang air besar rupanya juga dapat diredakan dengan mengkonsumsi buah kelengkeng. Kelengkeng mengandung lemak dan protein nabati yang mudah dicerna dan mampu menstimulasi proses metabolisme dalam lambung ibu hamil.

4. Sumber Vitamin Vitamin A dan vitamin C dalam buah kelengkeng sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Daripada mengkonsumsi suplemen vitamin yang ada di apotek, mengkonsumsi vitamin dari sumber alami tentu akan sangat lebih baik. Konsumsi vitamin dari sumber alami tidak akan menimbulkan efek samping seperti kelebihan dosis misalnya.

5. Mengatasi Susah Buang Air Kecil Organ perut yang sering turun selama kehamilan terutama pada mereka yang tetap bekerja akan menimbulkan gejala susah buang air kecil. Gejala ini  tentu sangat mengganggu karena selain membuat tidak nyaman, ia juga menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan. Untuk mengatasi susah buang air kecil, selain dengan memperbanyak minum ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan yang bagus untuk ibu hamil, misalnya kelengkeng. Kelengkeng terbukti secara klinis sebagai obat yang mampu melancarkan buang air kecil dengan tanpa efek samping apa pun. Nah, itulah informasi seputar manfaat kelengkeng untuk ibu hamil. Ternyata selain rasanya enak, kelengkeng rupanya memiliki banyak sekali manfaat. Oleh karena itu memasukan buah ini ke dalam daftar buah pencuci mulut selama kehamilan Anda adalah ide yang luar biasa.

 

Share This