Kenyamanan Tidur Si Kecil Yang Harus Diprioritaskan

redcastle
18
Oct

Dear Mums,

Jangan sepelekan bayi yang kerap terbangun saat ia menikmati waktu tidurnya. Dicantumkan dalam jurnal Pediatrics, tercatat sekitar 33 % bayi mengalami masalah tidur. Sedangkan, menurut Konsultan Tumbuh Kembang Anak, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jakarta, DR. Dr. Rini Sekartini, Sp.A(K) banyak orangtua yang belum menyadari bahwa kualitas tidur merupakan hal yang sangat penting untuk pertumbuhan anak.

Dokter Rini juga menambahkan bahwa bayi dikatakan mengalami gangguan tidur jika pada malam hari tidurnya kurang dari 9 jam, terbangun lebih dari 3 kali, dan lama terbangunnya lebih dari 1 jam. Bayi pun tampak selalu rewel, menangis dan sulit untuk tidur kembali. Nah, jika ini terjadi tentu proses membangun kreatifitas anak terganggu.

Dampak lain yang dapat terjadi pada bayi adalah:

Kognitif

Tidur mimpi berperan dalam perkembangan kognitif dan emosional anak. Ketika anak bermimpi, kemampuan otaknya berkembang. Tidur mimpi biasanya ditandai dengan gerak cepat bola mata atau REM (Rapid Eye Movement). Jika ia sering terbangun, perkembangan otaknya akan terganggu dan potensi yang seharusnya berkembang akan hilang.

Gerak

Kondisi kurang tidur pada bayi dapat mengganggu perkembangan saraf dan otot-ototnya. Pada si kecil yang menderita gangguan
tidur, gerak motorik kasar lebih berkembang dibanding gerak motorik halusnya.

Mental dan Emosional

Si kecil yang kurang tidur lebih mudah rewel, Ini solusinya, lho. Tubuh dan pikiran bayi yang relaks dapat membuatnya tidur lebih nyaman.

Caranya mudah, cukup lakukan pijatan spesial untuk bayi Anda.
Caranya:

1. Ajak si kecil bermain saat mandi sambil basuh tubuhnya dengan sabun mandi favorit bayi Anda.

2. Pijat bayi sebelum menggunakan pakaian lengkap dengan lotion khusus.

3. Taburkan bedak agar anak tetap segar dan wangi setelah mandi. Aroma dan kelembutan yang ia rasakan akan membuatnya tidur lebih lelap.

4. Tidurkan diatas ranjang bayi Cocoon A Baby dari Red Castle Indonesia. Agar Si Kecil Nyaman dan merasakan tekstur lembut dari teknologi Red Castle Cocoon A Baby agar Bayi tidur lebih tenang, Mums pun dapat beristirahat tanpa rasa cemas. Semoga bermanfaat ya Mums

 

Share This