Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil

herbal home  (3)
25
Aug

Selain rasanya yang nikmat, Ternyata buah Manggis sangat bermanfaat untuk Mums dimasa kehamilan lho, Yuk Mums kita simak ulasan berikut ini.

 

  1. Manggis Mencegah Cacat Bayi

Ibu hamil membutuhkan asupan folat sebesar 600 mikrogram sepanjang kehamilan. Folat diperlukan dalam gizi Ibu Hamil untuk mencegah cacat bayi yang terjadi pada tulang belakang dan otak. Manggis memiliki kandungan folat sebesar 65 mikro gram dalam setiap 50 gram buah manggis, jumlah ini tentu sangat besar. Manfaat manggis untuk ibu hamil membantu pertumbuhan bayi sehingga mencegah cacat pada otak, tulang belakang dan beberapa jenis cacat pada bibir.

  1. Membentuk Jaringan Tulang Rawan

Semua ibu hamil membutuhkan mangan untuk membantu pembentukan jaringan tulang rawan dan sistem tulang pada janin. Kesempurnaan bentuk dan fisik dari bayi ditentukan dari jumlah kecukupan asupan mangan. Buah manggis sangat baik dikonsumsi saat mulai tanda tanda kehamilan di trimester pertama. Bahkan mangan juga memiliki peran yang sangat penting untuk membentuk janin yang sehat dan terlindungi dari kanker.

  1. Membentuk Sistem Kekebalan Tubuh

Ibu hamil membutuhkan asupan makanan sehat yang berperan untuk membentuk dukungan imun tubuh yang kuat selama kehamilan. Manggis kaya dengan sumber vitamin C, bahkan dalam setiap 50 gram manggis mengandung sekitar 5,8 miligram vitamin C. Sementara ibu hamil membutuhkan sekitar 86 miligram vitamin C per harinya.

  1. Mengatasi Sembelit

Serat adalah salah satu zat khusus yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama saat masuk ke trimester pertama. Ibu hamil selalu mengalami gangguan kehamilan seperti sembelit dan rasa tidak nyaman karena pengaruh hormon pada sistem pencernaan.

  1. Mencegah Preklamsia

Preklamsia adalah sebuah kondisi yang bisa terjadi pada semua ibu hamil. Kondisi ini disebabkan karena adanya masalah pembuluh darah yang mengalami tekanan selama kehamilan, Kondisi ini bisa menjadi penyebab keguguran kematian ibu dan janin, kelahiran prematur dan cacat janin. Konsumsi buah manggis setidaknya 2 buah sehari akan mengurangi semua resiko preklamsia.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat manggis untuk ibu hamil mengandung vitamin B kompleks yang mendukung proses metabolisme protein, lemak dan karbohidrat. Makanan yang masuk ke tubuh ibu hamil bisa dicerna dengan baik dan kesehatan ibu hamil akan tetap terjaga.

  1. Mengontrol Detak Jantung

Manggis adalah adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung kalium. Kalium diperlukan oleh ibu hamil untuk mengontrol detak jantung, memelihara kesehatan jantung janin dan juga sistem tekanan darah. Manggis akan melindungi ibu hamil dan janin dari berbagai gangguan penyakit jantung.

  1. Mengatasi Lelah untuk Ibu Hamil

Manggis adalah salah satu buah menakjubkan yang memiliki sifat anti inflamasi. Senyawa ini sangat baik untuk ibu hamil karena ibu hamil biasanya merasa lebih lelah terutama untuk bagian panggul dan kaki. Konsumsi buah manggis secara rutin akan mengurangi semua efek samping alami yang muncul selama kehamilan.

  1. Menjaga Elastisitas Kulit

Selama hamil kulit bagian perut ibu hamil akan merenggang sesuai dengan perkembangan perut yang terus membesar. Ibu hamil membutuhkan asupan yang bisa membuat elastisitas kulit tetap terjaga dan mampu kembali seperti semula setelah kelahiran. Manggis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C juga mendukung agar kulit ibu bisa menjadi lentur sesuai dengan kondisi dan ukuran janin.

Share This