Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Ibu Hamil

manfaat-jambu-biji-untuk-kesehatan
19
Jun

 

Buah jambu sangat banyak jenisnya, namun yang paling lezat dinikmati sebagai minuman jus umumnya akan dipilih jambu merah. Banyak sekali manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh hingga kecantikan kulit.

Manfaat ini terkandung tidak hanya pada daging buahnya saja, daun, batang, hingga kulit buah jambu merah cukup berkhasiat untuk kesehatan manusia yang mau mengkonsumsinya. Banyak sekali peminat buah jambu merah untuk dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat minuman jus namun tanpa mengetahui manfaatnya.

Perlu Anda ketahui, kandungan vitamin C pada jambu biji merah lebih banyak dibandingkan dengan buah citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali. Selain itu, jambu merah dikenal memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga aman dikonsumsi jangka panjang oleh penderita penyakit tukak lambung ataupun maag.

Jambu merah juga dikenal sebagai obat alami untuk memulihkan kesehatan bagi yang terserang penyakit demam berdarah karena bisa mengoreksi cairan tubuh dan merangsang pembentukan trombosit serta mencegah terjadinya perdarahan dalam. Jika Anda mengkonsumsi buah ini, akan lebih baik jika dicuci bersih terlebih dahulu dan dimakan bersama kulit buahnya.

 

Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Ibu Hamil

Hal ini dikarenakan kulit buah jambu biji merah adalah letak kandungan tertinggi vitamin C dibandingkan daging buahnya. Selain itu, kulit buah jambu juga baik untuk pencernaan seperti mengurangi potensi sembelit.

Buah jambu biji merah dikenal sebagai buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Disamping itu, jambu biji merah juga kaya akan vitamin B3 dan B6 yang sangat baik untuk merangsang kecerdasan otak dan menghindarkan dari kepikunan.

Untuk penderita penyakit kolesterol, darah tinggi dan jantung koroner, buah jambu merah dapat dijadikan satu obat alami karena kandungannya yang terbukti tinggi kalium dan ampuh mengikat lemak untuk diubah jadi energi. Buah jambu biji merah juga kaya akan polifenol yang bisa merawat kecantikan kulit, menghindarkan dari penuaan diri, dan penangkal radikal bebas dari dalam.

Buah jambu yang dapat dengan mudah ditemukan di seluruh Indonesia ini memiliki kaya manfaat namun terbilang cukup murah untuk dibeli. Buah jambu merah yang bisa ditemukan di pasar tradisional sekitar lingkungan tempat tinggal ini ternyata juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Manfaatnya adalah dikarenakan buah ini mengandung vitamin C 2 kali lipat dari jeruk manis, 5 kali dari jeruk, 8 kali dari lemon dan 17 kali dari jambu air. Selain itu, jambu biji juga kaya akan berbagai mineral seperti zat besi, potasium, sodium, rendah lemak, tinggi serat, tembaga, seng, dan mangan yang berfungsi memproteksi ibu dan janin.

Memasukkan jambu biji merah kedalam menu sehari-hari dapat menjauhkan potensi anemia kehamilan, kecacatan janin, premature, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kandungan gizi lain dalam jambu merah seperti vitamin E, K, flavonoid, dan karotenoid dapat melengkapi kebutuhan gizi tubuh hanya dengan konsumsi perhari sebanyak 100 gram buah ini.

Buah yang memiliki keunikan dapat menjadi obat alami penyakit diare akibat kandungan zat anti-bakteri pencernaan ini sangat baik pula digunakan untuk pemeliharaan kesehatan pencernaan. Manfaat jambu biji merah juga baik bagi penderita diabetes dikarenakan rendah kalori namun dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

 

Share This