Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Ibu Hamil, Janin dan Bayi

Manfaat-Kurma-5653154
29
May

Kurma merupakan salah satu buah yang berasal dari negara Timur Tengah yaitu Arab. Kurma mempunyai rasa yang manis dan hanya dapat tumbuh di daerah yang mempunyai iklim panas seperti Arab. Walaupun bentuknya kecil, tapi ternyata kurma sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat kurma sangat banyak terutama untuk ibu hamil dan juga janinnya. Dalam kurma mengandung banyak vitamin dan mineral yang tentunya dapat menjaga kesehatan pada saat kehamilan.

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Ibu Hamil, Janin dan Bayi

Ada banyak manfaat kurma untuk kesehatan, terutama untuk para Ibu hamil. Kurma merupakan salah satu jenis buah yang disarankan untuk dikonsumsi pada saat hamil. Berikut manfaat buah kurma untuk kesehatan Ibu hamil dan janin.

1. Menambah energi

Kurma mengandung glukosa yang sangat banyak dan baik untuk tubuh. Kandungan glukosa inilah yang membelikan energi pada tubuh yang sedang beraktivitas. Kurma dapat meningkatkan dan menambah energi dalam tubuh terutama untuk ibu hamil. Nutrisi pada kurma dapat memberikan energi yang banyak untuk ibu hamil dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Baik untuk merangsang saraf

Kandungan kalium yang ada dalam kurma dapat meningkatkan rangsang pada saraf. Dengan mengkonsumsi kurma bisa meningkatkan kecerdasan otak dan mempertajam daya ingat. Manfaat ini sangat baik untuk menutrisi anak dan juga janin yang ada dalam kandungan ibu hamil. Janin akan lebih tanggap dan menjadi lebih cerdas kelak setelah lahir.

3. Menguatkan tulang

Tidak hanya untuk ibu hamil saja, kurma juga sangat bermanfaat untuk kesehatan bayi. Manfaat kurma untuk bayi yaitu dapat menguatkan tulang. Ketika masih bayi tentunya tulang tubuh sangat rapuh. Dengan mengkonsumsi kurma inilah, tulang pada bayi akan menjadi kuat. Bayi tentunya belum bisa mengunyah sendiri jadi harus dari perantara ASI. Jika sudah bisa makan, berikan kurma yang sudah dihaluskan.

4. Membantu pembentukan gigi

Selain dapat memperkuat tulang, manfaat kurma untuk janin yaitu dapat membantu pembentukan gigi. Kalsium yang banyak dalam buah kurma sangat baik untuk merangsang pertumbuhan gigi pada janin. Agar anak cepat tumbuh giginya, ibu sebaiknya mengkonsumsi kurma ketika sedang hamil.

5. Mengatasi Anemia

Kandungan gula dalam kurma tidak hanya dapat dijadikan sebagai menambah energi tapi juga dapat mengatasi anemia. Anemia atau kekurangan darah dapat disebabkan oleh banyak faktor. Dengan menambah asupan gula pada setiap makanan dapat mengatasi gejala anemia yang timbul.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat Kurma untuk Ibu hamil yang paling banyak yaitu dapat mengatasi dan menjaga kesehatan pencernaan. Pada saat hamil yang sering dialami adalah terganggunya sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi kurma, ibu hamil tidak perlu khawatir lagi dengan masalah pencernaan.

Kurma yang merupakan buah asli dari dataran Arab ini banyak mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang tidak dimiliki oleh buah lainnya.

Kandungan gula murni dalam kurma merupakan tertinggi pertama dibandingkan buah lainnya, tidak salah jika kurma banyak memberikan manfaat untuk tubuh. Manfaat kurma untuk tubuh sangat banyak terutama untuk Ibu hamil. Ibu hamil disarankan minimal makan buah kurma setiap harinya agar janin dan tubuhnya selalu sehat.

Share This