Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Tubuh

Minyak-Ikan-Salmon-untuk-Kesehatan-1024x682
16
Mar

 

Setiap orang tentu saja ingin memiliki tubuh yang sehat dan terbebas dari penyakit. selain berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan adalah dengan mengonsumsi suplemen kesehatan, yaitu minyak ikan. Seperti yang Anda ketahui minyak ikan mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi yaitu asam lemak omega 3. Beberapa makanan yang kaya akan minyak ikan adalah ikan salmon, ikan tuna, ikan todak, sarden, makarel dan masih banyak lagi. Lalu apa saja manfaat minyak ikan untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

 

Khasiat minyak ikan untuk kesehatan

Menyehatkan jantung

Manfaat yang pertama adalah untuk menyehatkan jantung. Menurut American Heart Association (AHA), uji klinis yang dilakukan telah membuktikan bahwa kandungan omega 3 pada minyak ikan sangat efektif untuk mengatasi penyakit jantung. Omega 3 tersebut sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Mengonsumsi minyak ikan secara rutin juga dapat menurunkan resiko seseorang mengalami kematian mendadak akibat penyakit jantung.

Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan ideal juga merupakan impian bagi setiap orang. Salah satu hal untuk memiliki berat badan ideal adalah dengan cara mengonsumsi minyak ikan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Peter Howe di University of South Australia menyatakan bahwa relawan yang diberi diet minyak ikan menunjukkan penurunan berat badan yang lebih besar jika dibandingkan dengan seseorang yang berdiet tanpa menggunakan minyak ikan.

Mencegah alzheimer

Manfaat minyak ikan selanjutnya adalah untuk mencegah alzheimer. Kandungan lemak essenial EPA dan DHA sangat ampuh untuk membantu dalam mencegah penyakit yang satu ini. Penelitian yang dilakukan di University of California di Los Angeles (UCLA) juga telah memvalidasi kegunaan minyak ikan ini untuk mengatasi penyakit alzheimer dan demensia.

Mencegah diabetes

Pasien diabetes tipe II sangat rentan terhadap penyakit lainnya, seperti penyakit jantung, stroke dan aterosklerosis. Namun jangan khawawir, Anda bisa mengobatinya dengan menggunakan minyak ikan. Penelitan yang dilakukan di Universitas of Oxford, Inggris juga menyatakan bahwa minyak ikan berguna untuk menurunkan kadar trigliserida pada penderita diabetes.

Meningkatkan kinerja otak

Minyak ikan mengandung DHA yang dapat melindungi tubuh dan juga sel-sel otak. Tak hanya itu saja, DHA juga mampu mempromosikan neurotransmisi yang bekerja lebih baik. Sehingga mengonsumsi minyak ikan secara rutin dapat membantu untuk pengobatan bipolar disorder, penyakit alzheimer, depresi dan lainnya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membuat tubuh selalu sehat dan terbebas dari penyakit. Oleh karena itu agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit mulailah mengonsumsi minyak ikan secara teratur. Minyak ikan juga memiliki sifan anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat minyak ikan untuk kesehatan tubuh.

 

Share This