MANFAAT POSITIF MENEMANI BAYI TIDUR

Young mother and her baby, sleeping in bed
01
Nov

 

Dear Mums

Banyak pendapat mengatakan, kemandirian dibentuk sejak bayi yaitu dengan membiasakan bayi tidur sendiri di kamarnya.  Menurut psikolog Nessi Purnomo, tidur terpisah dengan bayi tidak masalah selama kebutuhan anak tetap terpenuhi di malam hari.

Sayangnya terkadang orang tua tidak mendengar dan tetap tidur pulas ketika anak terbangun tengah malam. Bila ini kerap terjadi, bayi akan merasa ditinggal. Dengan co-sleeping Anda bisa lebih cepat menanggapi kebutuhan bayi di malam hari.

Dengan tidur terpisah, anak akan belajar mengenai privasi. Namun, menurut dr. Bill dan Martha Sears, penulis “The Attachment Parenting Book” ada beberapa keuntungan yang didapatkan dari tidur bersama anak atau co-sleeping. Untuk bayi, bayi tidur lebih baik.

Untuk ibu, ibu tidur lebih baik, ibu lebih mudah menyusui bayi, membantu bayi berkembang, membantu ibu dan bayi mengejar ketertinggalan karena terpisah di siang hari, serta mengembangkan kepercayaan antara orang tua dan bayi. Apa yang terbaik? Apapun pilihan Anda semua tergantung  cara Anda bisa tetap memenuhi kebutuhan anak, baik secara fisik maupun mental.

 

Share This