Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Dari Membiasakan Anak Anda Makan Bersama Di Meja Makan

c63e42e6_shutterstock_114279661
06
Jan

 

Sebagai orang tua pastinya kita ingin menanamkan berbagai hal baik kepada anak kita sehinngga memiliki karakter yang baik serta kuat.

Karakter sendiri bukanlah merupakan suatu hal yang sifatnya diturunkan dan diwariskan, namun karakter itu sendiri ditanamkan, dibangun dan dibentuk kemudian dikembangkan secara sadar oleh manusia itu sendiri. Oleh karena itu pada akhirnya kita tidak memiliki kendali penuh atas karakter seperti apa yang kita miliki. Berangkat dari hal tersebut jika dicermati pendidikan karakter sebaiknya diterapkan sejak dini di dalam berbagai sendi kehidupan kita,khususnya anak-anak yang tengah mengalami masa perkembangan.

Sebelumnya mungkin anda pernah mendengar mengenai teori tabula rasa yang menganggap anak sebagai sebagai sebuah kertas kosong yang siap dilukis dan diisi dengan berbagai hal. Oleh karena itu, kesempatan terbaik bagi anda orang tua yang ingin menanamkan karakter dan kebiasaan baik ialah sewaktu mereka masih berusia dini dan mudah menyerap serta belajar berlaku sebagaimana yang ditunjukan dan diajarkan orang tua.

Bebicara mengenai karakter dan kebiasaan, maka ada salahsatu kebiasaan umum yang mungkin terkadang disepelekan oleh banyak orang tua, yakni kebiasaan anak ketika makan. Sesungguhnya aturan makan itu sendiri cukuplah sederhana, yakni hanya duduk tertib di meja makan atau tempat tertentu yang sudah disediakan khusus untuk kegiatan makan. Kebanyakan orang tua masih belum sadar akan hal tersebut dan menerapkannya kepada anak-anaknya. Sebagian besar masih membiarkan anaknya untuk makan sambil melakukan hal lainnya seperti bermain dan menonton televisi, sehingga terlihat kurang tertib.

Keuntungan Makan Bersama Di Meja Makan

Berangkat dari hal tersebut anda seharusnya bisa lebih peka jika sebenarnya kegiatan sederhana seperti makan bersama secara teratur di meja makan sebenarnya memiliki banyak sekali keuntungan bagi anda, dan menjadi sebuah lahan yang bagus bagi anda untuk menanamkan karakter baik bagi anak anda. Lebih lanjut mengenai hal tersebut, maka berikut ini keuntungan yang bisa anda peroleh dari kegiatan makan bersama di meja makan yang bisa anda dapatkan.

  1. Belajar Untuk Fokus

Dengan membiasakan makan di meja makan secara teratur bersama dengan anggota keluarga lainnya, maka anda sudah mengajarkana anak anda untuk belajar lebih fokus terhadap sebuah hal. Biasanya kebanyakan anak-anak akan melakukan hal lainnya seperti bermain gadget ataupun sembari bermain dan menonton televisi. Dengan begitu anak anda terbiasa untuk bisa menuntaskan satu persatu apa yang sedang dilakukannya dengan baik dan tidak berantakan, toh di meja belajar juga ia bisa belajar serta mendapatkan hal-hal baru dari sharing yang terjadi antara anak dan orang tua selama kegiatan bersama di meja makan terjadi.

 

  1. Menumbuhkan Kedekatan Antar Anggota Keluarga

Mungkin terkadang kita lupa untuk membangun kedekatan dan keintiman antar anggota keluarga karena merasa sudah dekat dan tidak diperlukan pendekatan yang khusus, padahal sebagai orang tua yang baik seharusnya anda bisa menjadi tempat mereka untuk bercerita mengenai hal-hal apa saja yang dialami dan sedang disukai oleh anak anda, dan demikian pula dengan orang tua yang bisa bercerita mengenai kegiatan yang dilakukannya, sehingga semua anggota tahu dan mengenal dengan baik kegiatan apa yang sedang dilakukan oleh anggota keluarga lainnya. Tentunya keeratan dan kedekatan antar individu dalam keluarga akan terbangun dan terbentuk dengan sendirinya tanpa harus dipaksakan. Selain ini menurut sebuah peneliatian, kegiatan makan bersama menjadi sebuah momen yang efektif untuk menambahkan kosakata baru bagi anak anda hingga 1000 kosakata yang baru. Hal tersebut tentulah sanagat efektif, bahkan dibandingkan dengan membaca buku, di mana hanya sekitar 143 kosakata baru yang bisa diserap anak anda.

  1. Melatih Kedisiplinan Anak

Salahsatu karakter baik yang diinginkan setiap orangtua tertanam di dalam anaknya ialah menjadi disiplin dan bertanggung jawab terhadap sebuah hal. Makan bersama dengan tertib di meja makan menjadi latihan yang sangat tepat bagi anak anda untuk menjadi pribadi yang disiplin dan menghargai waktu. Dengan menetapkan jam makan bersama anak anda akan terbiasa berusaha menepati waktunya untuk melakukan kegiatan makan. Dengan demikian setidaknya anak anda bisa membawa kebiasaan baik ini ke dalam berbagai hal atau bidang lainnya di dalam kehidupannya.

  1. Mengurangi Kekacauan dan Melatih Kesopanan Anak Anda

Sudah menjadi hal umum jika anak kecil sendiri sangat senang berlarian ke sana ke mari tanpa memperdulikan sekitarnya, sehingga seringkali terjadi kekacauan. Hal tersebut juga terjadi ketika sedang merayu anak anda makan, biasanya cukup sulit untuk mengarahkan anak anda untuk makan dengan tertib dan ia memiliih berlarian ke sana kemari atau memili makan di ruang lainnya, sehingga seringkali noda makanan yang tidak sengaja ditumpahkan mengotori berbagai benda dan barang lainnya di rumah anda. oleh karena itu dengan membiasakan kegiatan makan, maka setidaknya anda kekacauan tersebut bisa sedikit berkurang karena anak anda bisa fokus untuk makan di meja makan tanpa harus berlari kesana kemari. Kegiatan makan dengan teratur di meja makan bersama dengan keluarga juga bisa menjadi ajang latihan langsung bagi anak anda untuk menjadi pribadi yang sopan, karena ada tatkrama yang baik seperti mengucapkan terima kasih, serta memandang orang yang lebih tua sebagai orang yang sudah sepatutnya diberikan rasa hormat.

  1. Menjadi Ajang Belajar

Kegiatan makan bersama disadari atau tidak oleh anda bisa menjadi sebuah ajang yang tepat bagi anda untuk mengajarkan berbagai hal baru kepada anak anda. Dalam kegiatan tersebut anda bisa menjelaskan kepada anak anda berangkat dari apa yang anda dan keluarga cicipi, dari mulai membedakan jenis-jenis sayuran hingga kandungan-kandungan dan kebaikan dari hidangan yang anda cicipi bersama dengan keluarga. Di meja makan juga bahkan anda bisa belajar dari berbagai hal yang di sharingkan oleh anak-anak anda. Anda bisa mendapatkan pengetahuan yang mungkin tidak pernah anda sangka sebelumnya. Sehingga di dalam kegiatan makan bersama ini semua anggota keluarga bisa belajar dari berbagai cerita yang terjadi selama makan bersama atau dari cerita yang dimiliki oleh masing-masing anggota keluarganya ketika sedang melakukan kegiatan di luar keluarganya, seperti di sekolah, lingkungan pertemanan atau kantor.

Demikianlah kegiatan makan bersama yang bisa anda dan keluarga lakukan. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mulai mencoba kegiatan makan bersama anggota keluarga di meja makan sebaiknya anda segera mulai dan lakukan hal tersebut karena memang begitu banyak keuntungan bagi anda dan lebih besar lagi untuk anak anda. Kegiatan yang sebenarnya terlihat sederhana ini justru malah bisa menjadi sebuah ajang yang sangat baik dan tepat bagi anda menanamkan berbagai nilai-nilai serta karakter yang baik bagi anak anda tanpa terkesan memaksa dan menggurui. Cara ini juga terbilang sangat luwes bagi anda yang ingin membangun kedekatan yang lebih besar dengan anak-anak anda.

 

Share This