MENGENAL SAYURAN BROKOLI YUK MUMS

maxresdefault
09
Aug

Apakah Mums sangat menyukai jenis sayuran yang satu ini, yuk kita ketahui manfaatnya yang luar biasa

Memilih Brokoli

Point utama yang harus diperhatikan saat memilih brokoli adalah kuntum dengan warna seragam. Warna bisa berkisar dari hijau tua atau ungu kehijauan. Pastikan kuntum tidak berwarna keabuan atau berjamur, tidak ada bunga yang berwarna kekuningan yang menyelip. Brokoli bisa bertahab hingga 4 hari di dalam kulkas.

Persiapan memasak brokoli

Bagian terbaik yang dimasak brokoli adalah kuntumnya. Namun, Brokoli terkadang menyembunyikan ulat diantara kuntumnya. Caranya adalah dengan memotong kuntum brokoli kecil-kecil, lalu rendam sebentar dengan air garam. Ulat brokoli akan terlepas dengan sendirinya, Setelah itu brokoli dicuci kembali dengan menggunakan air.

Memasak Brokoli

Cara memasak brokoli yang tepat adalah dengan cara dikukus atau direbus. Merebus sayuran biasanya akan meninggalkan warna kehijauan pada air rebusan. Karena itu, kukus merupakan metode memasak yang tepat untuk brokoli serta sayuran lainnya. Memasak brokoli dengan microwave tidak dianjurkan, karena beberapa studi menunjukkan bahwa brokoli akan kehilangan beberapa nutrisi jika dimasak dengan microwave.

Membuat Pure Brokoli

Brokoli yang sudah matang bisa langsung disaring dengan menggunakan saringan kawat. Jika Mums mau yang praktis, bisa juga dengan menggunakan blender. Namun puree brokoli tunggal biasanya agak pahit, jadi mums bisa menambahkan bahan lain seperti susu, ASI atau air jeruk baby sebagai penawar rasa.

Share This