Menyetir Mobil Bisa Menangkal Pikun, Ini Alasannya Mums

2Placez-Main
16
Aug
Kendaraan apa yang biasa kamu kendarai? Motor? Atau mobil?
Jika kamu termasuk salah satu pengguna kendaraan roda dua dan sering membiasakan diri untuk menyetir, maka kamu patut berbahagia. Pasalnya, mengendarai mobil mempunyai manfaat kesehatan yang cukup besar, lho.
Selain bisa menggerakkan otot-otot kaki dan tangan, menyetir juga bisa menjadi cara penangkal pikun. Hal ini pun dibenarkan oleh Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc, pakar gizi dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang ditemui kumparan (kumparan) pada acara “Tepatkah Konsumsi Gula Anda?” di Akmani Hotel, Menteng, Jakarta Pusat (7/8).
“Mungkin ngga banyak yang tahu kalau menyetir bisa berdampak baik untuk kesehatan seseorang. Menyetir akan membuat otot kaki dan tangan terus bergerak sehingga bisa dijadikan aktivitas berolahraga ringan” ujar Dr. Saptawati.
Menyetir adalah aktivitas yang akan membuat otot-otot kaki dan tangan bergerak, sehingga rasa kaku pada otot akan berkurang. Tak hanya itu saja, Dr. Saptawati juga menjelaskan jika menyetir akan membuat pikiran lebih fokus karena seseorang dituntut untuk memperhatikan situasi jalanan.
Terlebih jika kamu bisa mengendarai mobil dengan transisi manual, di mana otak harus bekerja dua kali lebih cepat. Gerakan kaki kanan dan kiri serta kedua tangan harus menyeimbangankan keselarasan dalam memainkan kopling, gas, dan persneling mobil.
Dr. Saptawati juga mengungkapkan lebih lanjut mengenai manfaat dari menyetir mobil di usia lanjut.
“Bagi mereka yang sudah berusia lanjut ada baiknya untuk tetap mengendara mobil sendiri. Selain pikiran bisa lebih fokus, otak juga akan difungsikan untuk selalu mengingat cara menyetir mobil, sehingga mereka tidak akan cepat lupa atau pikun,” ungkapnya.
Meskipun terkadang rasa stres kerap melanda mereka yang sedang menyetir akibat macet yang berkepanjangan, namun Dr. Saptawati mengatakan jika banyak cara yang bisa meminimalisir rasa jenuh ketika macet.
“Kamu bisa menyetel radio dan mendengarkan lagu, lalu juga bisa membalas pesan whatsapp atau memainkan sosial media saat macet. Ngga perlu dibawa stres, dinikmati saja dengan cara-cara yang bisa kamu lakukan di dalam mobil,” ujar Dr. Saptawati
Jadi, bagi kamu yang bisa mengendarai mobil, cobalah untuk membiasakan diri menyetir mobil lebih sering untuk mendapatkan manfaat kesehatan jangka panjang nantinya.
Sumber : Kumparan
Share This