Sebagai Ibu Rumah Tangga, Resolusi Apa Yang Akan Mums jadikan Kenyataan di 2017?

Family walking on cliffside path
04
Jan

Meskipun lebih banyak melakukan kegiatan di rumah, ibu rumah tangga mengemban tanggung jawab yang besar mulai dari mengurus anak hingga mengatur keuangan keluarga.

Untuk menjaga semangat tetap menyala, tak ada salahnya membuat resolusi menyambut tahun yang baru. Ibu rumah tangga sebagai menteri keuangan keluarga harus pandai mengelola pendapatan keluarga untuk mencukupi kehidupan sehari-hari, membeli aset, hingga menyisihkan untuk masa depan.

Ada kalanya seorang ibu merasa lelah atau kurang bersemangat menjalani hari-harinya. Hai kamu para ibu rumah tangga, berikut ini resolusi yang bisa kamu contek untuk memicu semangat. Salah satunya bikin usaha rumahan.

Punya rumah

Setiap pasangan suami istri pasti mendambakan kehangatan tinggal di rumah milik sendiri. Bermimpi memiliki rumah jelas akan menambah semangat ibu rumah tangga. Ibu harus mengatur strategi agar rumah idaman bukanlah sekedar khayalan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki rumah mulai dari menabung uang muka lalu membeli rumah dengan cara KPR, mengincar KPR bersubsidi, memanfaatkan fasilitas pinjaman DP rumah dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau menabung untuk membangun rumah sendiri.

Untuk mencapainya, ibu perlu memangkas atau mengurangi pengeluaran yang tidak penting, atau bahkan menambah penghasilan keluarga.

Liburan keluarga

Di luar kebutuhan yang sifatnya wajib, ibu rumah tangga biasanya memiliki rencana liburan keluarga setiap tahunnya. Liburan keluarga akan meningkatkan keharmonisan dan kekompakan. Selain itu, liburan keluarga menjadi ajang penyegaran bagi ibu rumah tangga agar tidak penat berkutat di rumah.

Menyekolahkan anak di tempat yang bagus

Ibu biasanya menyimpan keinginan agar anak-anaknya merasakan pendidikan yang berkualitas, agar masa depan sang anak lebih terjamin. Rencana memberikan pendidikan yang berkualitas juga harus dibarengi dengan perencanaan keuangan yang matang.

Memperbaiki penampilan

Meski memiliki beban segudang tugas, seorang ibu tetap harus tampil cantik.  Tak sedikit ibu rumah tangga yang menyimpan keinginan memperbaiki penampilan mulai dari menurunkan berat badan, mengganti gaya berpakaian, mencerahkan wajah, dan berbagai cara lainnya.

Menambah penghasilan keluarga

Seiring dengan tujuan keuangan keluarga yang semakin banyak, ibu rumah tangga kerap ikut bergerak agar semuanya terwujud. Ibu rumah tangga bisa menggali sumber pemasukan tambahan dari berjualan online, mengikuti MLM terpercaya hingga menekuni hobi yang menghasilkan. Semua itu dapat dilakukan sembari mengerjakan tugas-tugas di rumah.

Share This