Tips Atasi Rasa Kantuk Beraktivitas Selama Puasa

elenavasilchenko
21
Jun

 

Rasa kantuk dan puasa seperti dua hal yang tidak dapat dipisahkan ketika menjalankan ibadah wajib yang satu ini. Meski terkadang kita mengira sudah memenuhi kebutuhan makanan dan mendapatkan waktu tidur yang cukup pada saat malam hari. Akan tetapi, pada saat menjelang siang rasa kantuk dan kepala yang berat seringkali sulit untuk dilawan.

Hal ini terkadang membuat kita bertanya-tanya apa yang salah dengan pola puasa yang kita jalani selama ini? Ada banyak hal yang seringkali membuat anda mengalami kantuk pada saat puasa. Salah satunya adalah pasokan energi yang mulai memudar saat anda beraktivitas selama puasa.

Tidak seperti hari-hari biasanya dimana ketika anda tidak puasa dan merasa kantuk. Maka anda akan dapat mengalihkan perasaan ini dengan makanan atau mungkin menyantap secangkir kopi hangat. Nah, ketidak mampuan anda untuk mengalihkan rasa kantuk selama puasa dengan makanan atau kegiatan lainnya inilah yang seringkali membuat kantuk pada saat bulan puasa terasa begitu dahsyat. Baca juga: Bantu Si Kecil Lahap Santap Makan Sahur

Akan tetapi tak perlu khawatir, sebab kali ini kami akan berikan beberapa tips atasi rasa kantuk beraktivitas selama puasa yang dapat anda simak dengan baik. Penasaran seperti apa? Mari simak beberapa informasi menariknya dibawah ini.

Tips Atasi Rasa Kantuk Beraktivitas Selama Puasa

Rasa kantuk yang tak tertahankan yang muncul pada saat anda bekerja atau melakukan aktivitas tentu akan sangat mengganggu. Pasalnya, ketika perasaan ini muncul maka anda akan sulit untuk dapat berkonsentrasi dengan baik.

Alih-alih dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Hal ini malah cenderung membuat anda malas melakukan kegiatan lainnya. Namun tak perlu khawatir tips atasi rasa kantuk beraktivitas selama puasa ini akan dapat anda simak dengan baik.

1. Pastikan Anda Mendapatkan Waktu Tidur yang Cukup

Terkadang masalah kantuk pada saat beraktivitas yang dijumpai pada saat puasa lebih banyak disebabkan akibat kurangnya waktu beristirahat dimalam hari. Terutama untuk anda yang memiliki jam pagi rutin untuk pergi bekerja atau berangkat ke kantor. Pada saat puasa, ada waktu sahur yang mengharuskan anda untuk bangun pada saat dini hari.

Terjaga terlalu larut malah akan membuat waktu tidur anda dimalam hari menjadi lebih sedikit. Sementara tubuh anda akan tetap membutuhkan waktu istirahat yang sesuai untuk bisa membuat anda tetap terasa segar saat siang hari. Kurang tidur pada malam hari inilah yang akan mungkin membuat anda merasa sering ngantuk. Akibatnya menguap, mata yang berat dan perasaan kantuk yang sulit dilawan akan anda rasakan.

2. Hindari Tidur Lagi Setelah Sahur

Tidak sedikit orang yang merasa sayang untuk tetap terjaga setelah sahur. Belum lagi perasaan masih mengantuk pada saat dibangunkan sahur membuat mereka cenderung lebih memilih untuk bisa kembali menikmati waktu tidurnya yang nyaman. Namun, kembali tidur setelah sahur bukan malah membuat anda menjadi lebih siap dan segar untuk bekerja saat pagi hari.

Sebaliknya, masalah ini malah membuat mood pagi hari anda seperti terpaksa karena anda dituntut untuk pergi bekerja. Oleh karenanya, demi menjaga mood anda pada pekerjaan dan menghilangkan rasa kantuk saat beraktivitas. Maka hindari kembali tidur pada saat setelah sahur.

Sebaliknya anda dapat melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Misalkan shalat Subuh, melakukan kegiatan rumah tangga atau mungkin mengaji dengan teman-teman di masjid. Kegiatan spiritual ini akan dapat bermanfaat jauh lebih baik untuk anda.

3. Berolahraga

Rasa kantuk sering datang akibat tubuh yang kurang segar. Termasuk dengan tidur setelah sahur yang akan membuat tubuh anda terasa lebih lemas. Nah, untuk mengatasi masalah ini maka sebaiknya utamakan untuk dapat berolahraga. Anda dapat melakukan kegiatan berolahraga setiap pagi setelah shalat Subuh. Hal ini akan dapat bermanfaat jauh lebih baik untuk mengisi kekosongan waktu anda sambil menanti pagi hari menyambut anda.

Selain akan dapat membakar kalori didalam tubuh, tentunya berolahraga setelah sahur akan dapat menjadi kegiatan yang lebih menyenangkan. Hal ini pun akan menghindarkan anda dari rasa haus atau lapar setelah berolahraga. Hal ini dikarenakan waktu setelah sahur membuat tubuh anda cukup diberikan energi.

4. Dengarkan Musik yang Ceria

Rasa kantuk yang dirasakan pada saat melakukan aktivitas atau rutinitas pada saat bulan puasa memang sulit untuk dihindarkan. Akan tetapi, hal ini tidak berarti membuat anda bisa malas-malasan dengan kondisi ini. Selalu ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi perasaan kantuk ini dengan lebih mudah. Salah satunya adalah dengan memasang lagu atau music dengan tema yang ceria.

Pada saat bekerja di kantor dan anda merasakan kantuk yang tak tertahankan. Maka beralihlah dan pasangkan headset pada telinga anda lalu perdengarkan music yang akan menghilangkan rasa kantuk tersebut. Dengan begini maka perasaan tersebut akan dapat membuat anda lebih semangat dan kantuk pun dapat anda atasi.

5. Lakukan Kegiatan yang Lebih Bermanfaat

Terpaku pada satu kegiatan yang sama akan mungkin membuat anda mudah merasa bosan. Begitupun pada saat anda bekerja dengan topic yang itu-itu saja tentu membuat anda cepat merasa jenuh. Ketika perut kosong ditambah dengan rasa bosan yang besar. Maka rasa kantuk adalah hal yang sulit untuk dihindari.

Nah, untuk mengatasi kondisi ini maka alihkan perhatian anda pada hal-hal yang lebih berguna. Misalkan tadarusan atau mungkin mengisi waktu anda dengan berkeliling kantor. Atau mungkin melakukan hobi anda yang dapat menghilangkan rasa kantuk berat yang anda alami saat ini.

6. Dapatkan Nutrisi yang Seimbang

Memperhatikan asupan makanan selama menjalankan ibadah puasa akan erat kaitannya dengan kesehatan tubuh. Ketika tubuh sehat maka anda akan merasa lebih segar dan siap menjalankan segala macam aktivitas tubuh, termasuk dengan bekerja. Rasa kantuk yang muncul seringkali diakibatkan karena asupan gizi yang anda pasok kedalam tubuh yang tidak diperhatikan dengan baik.

Untuk itulah, selama berpuasa perhatikan menu makanan anda pada saat berbuka dan sahur dengan lebih baik. Jaga asupan gizi tetap seimbang untuk menjaga agar rasa kantuk tidak terus-terusan anda rasakan selama menjalankan aktivitas.

7. Jangan Makan Terlalu Banyak Atau Terlalu Sedikit

Asupan porsi makanan selama puasa pun perlu diperhatikan dengan baik. Jangan makan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit sebab kondisi ini akan erat kaitannya dengan stamina tubuh anda. Makan terlalu banyak akan membuat anda merasa penuh dan malah membuat anda malas untuk beraktivitas. Demikian pula dengan makan yang terlalu sedikit saat berbuka dan sahur.

Tubuh yang kurang mendapatkan asupan makanan akan kekurangan energy. Sehingga ketika anda melakukan aktivitas maka tubuh anda akan mudah merasa lelah dan lemas. Tak heran bila anda akan mudah merasa mengantuk saat makan sedikit ketika puasa.

 

 

 

 

Share This