Tips Kenalkan Angka dan Huruf Pada Balita dengan Cara Menyenangkan

happy-baby-smile-lying
24
Oct

 

 

Pada masa batita dikenal pula dengan istilah golden age dimana kemampuan otak anak sangat berpotensi untuk menangkap informasi yang didapat di lingkungannya sehingga penting untuk memberikan pengawasan untuk terhindar dari pengaruh buruk lingkungan. Anda dapat memperkenalkan angka dan huruf pada usia balita dengan cara mudah dan menyenangkan.

Meskipun sampai saat ini pembelajaran membaca menulis dan berhitung masih menjadi perdebatan apabila diajarkan terlalu dini apalagi pada usia batita akan tetapi apabila anda dapat memperkenalkannya dengan cara yang menyenangkan justru akan menjadi kebiasaan yang baik untuk anak anda kelak. Sebaiknya anda memang tidak memaksakan kemampuan anak anda pada usia batita menjelang balita dikarenakan pada usia ini memang lebih ditekankan untuk perkenalkan bahwa belajar angka dan huruf menyenangkan hingga tidak meninggalkan depresi pada anak anda.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengenalkan angka dan huruf dengan cara yang menyenangkan pada balita :

  1. Melakukan Permainan Jari

Cara untuk melatih anak anda belajar mengenal angka dan huruf dapat dilakukan dengan permainan. Anda dapat mengajak melakukan permainan jari, pertama tama lakukan jari-jari di depan posisi telapak tangan bawah anak anda begitu pula dengan anda kemudian mulailah belajar menghitung dari 0 hingga 10 untuk perkenalan terlebih dahulu. Ajak anak anda untuk menunjuk satu persatu dari mulai ibu jari menuju kelingking sambil mengucapkan angka angka tersebut. Sedangkan untuk mengajak bermain huruf, anda dapat melakukan permainan yang serupa yaitu memulai menyebutkan huruf dan ketika berakhir sampai huruf tertentu, misalnya saja huruf L maka anda dapat menyebutkan nama nama sayuran seperti Labu, Lobak dll.

  1. Gunakan Kertas karton di dinding

Anda dapat menggunakan kertas karton yang ditempel di dinding kemudian anda dapat menuliskan huruf besar dan meminta anak anda untuk meniru contoh tersebut. Pada pertama kali mungkin anak anda dapat menulis dengan tulisan yang kurang baik akan tetapi sebaiknya anda memberikan pujian atau motivasi untuk mendorong keinginan menulis anak anda. Dengan demikian anak anda akan belajar berlatih sehingga berulang ulang dalam menghafal huruf atau angka dan mampu menulisnya dengan baik.

  1. Kartu-Kartu Dari Kertas Kartun

Anda dapat menuliskan huruf atau angka di sisi kertas kartun secara acak, kemudian kartu tersebut diperkenalkan satu persatu kepada anak anda. Dalam jumlah yang terbatas perkenalkan huruf misalnya anda menuliskan A, B, C, D masing-masing dalam 6 kartu. Cara bermainnya pertama kali anda dapat mengambil satu huruf, misalnya A. Setelah itu anda dapat meminta anak anda untuk mengumpulkan huruf A tersebut. Permainan ini membantu anak anda untuk mengenal huruf dengan mudah.

 

Share This