Tips Memilih Mainan Untuk Perkembangan Motorik Si Kecil

2
16
Oct

Dear Mums

Mainan ternyata bukan sekedar untuk menyenangkan hati sikecil, tetapi mainan ini ternyata juga dapat digunakan untuk memicu kreativitas otak anak. Tips memilih mainan anak sangat disesuaikan dengan usianya. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan fisik motorik anak, baik motorik halus maupun motorik kasar.

Ada beberapa tips memilih mainan anak yang aman. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Membaca label yang tertera di kemasan dan baca secara rinci bahan untuk membuat mainan tersebut.
  2. Lihat untuk kategori siapa mainan anak tersebut.
  3. Hindarkan anak dari mainan yang salah satu bahan pembuatannya dengan cat yang mudah cair.
  4. Pilih mainan anak yang bisa dicuci, dan tidak menggunakan bahan kimia beracun karena otomatis akan menggau perkembangan dan pertumbuhan anak.
  5. Lihat kualitas mainan, sesuaikan dengan usia anak dan sesuaikan dengan kesukaan anak dengan tetap memprioritaskan mainan anak yang sehat dan aman.
  6. Jauhkan anak-anak usia di bawah 3 tahun dari mainan berupa koin, kelereng (guli), dan bola-bola kecil berdiameter 4,5 cm dan lebih kecil dari itu karena dikhawatirkan tertelan oleh anak.

 

  1. Jika mainan menggunakan baterai, maka Mums sebagai orangtua harus sigap mengunci baterainya dan pastikan anak tidak bisa membukanya agar tidak membahayakan anak seperti terbakar, leburan bahan kimia dan percikan api/setrum baterai.
  2. Hindarkan anak dari mainan yang mudah patah dan memiliki nujung runcing, tajam dan memiliki bagian dari mainan yang mudah dilepas dan ditarik karena bisa membahayakan anak.
  3. Pastikan anak tahu memanfaatkan mainan atau pastikan Mums sebagai orangtua mengawasi anak yang sedang bermain.

 

Share This