Tips Mengalihkan Anak dari Junk Food ke Makanan Sehat

iStock_000017429674_Small-660x400
28
Mar

 

Akui saja ya Mamas, menolak godaan junk food itu memang susah ya. Hampir semua orang suka mengonsumsi makanan satu ini, termasuk balita. Nah, bila balita Anda mulai kecanduan mengonsumsi junk food, sudah saatnya kebiasaan tersebut Anda stop. Beralihlah ke makanan sehat agar tumbuh kembang Si Kecil lebih optimal. Berikut Mums and Babes Berikan Tipsnya

 

Buatlah Makanan Lezat

 Satu-satunya hal yang dapat mengalihkan anak terhadap junk food adalah rasa. Anda harus bisa memasak makanan sehat dengan rasa yang lezat. Tambahkan rempah-rempah serta bumbu dalam makanan sehat seperti sayuran atau nugget yang Anda buat sendiri.

 

Hindari Secara Perlahan

 Jika terasa sulit untuk langsung berpindah ke makanan sehat, Anda bisa memulai dengan mengurangi memberikan junk food. Misalnya hanya memperbolehkan Si Kecil memakannya seminggu sekali. Yang dikhawatirkan, jika Anda langsung memaksakan Si Kecil beralih dari makanan kesukaannya ia akan tumbuh menjadi anak yang pemilih makanan.

 

Membuat Alternatif

 Jika beberapa cara yang dilakukan kurang efektif, buat alternatif makanan yang menyenangkan untuk anak. Anda bisa membuat makanan junk food yang sehat. Misalnya, ganti roti biasa dengan roti gandum, pilihlah mentega rendah kolesterol dan pilihlah makanan rendah lemak seperti dada ayam tanpa kulit dan ikan. Selain bergizi tinggi, juga membantu Si Kecil mengonsumsi makanan sehat.

 

Variasi Menu

 Mams, sebagai seorang mama, Anda memang dituntut untuk kreatif. Temukan innovasi baru yang membuat anak-anak selalu betah di rumah dan menyukai masakan Anda. Sebagai contoh kecil Anda bisa membuat sate buah. Anda tidak perlu menambah bumbu, karena rasa asam dan manis dari buah sudah bisa menggantikan rasa saus dan pasta.

 

Bagaimana Mams, Mudah bukan? Selamat mencoba, ya!

 

Share This