Trik Mengatasi Kakak Adik Yang Sering Bertengkar

25
Jun

Tiada hari tanpa bertengkar.Si kakak dan adik selalu saja ada masalah. Hal ini tentu membuat suasana rumah menjadi tidak enak ya, Mam. Pertengkaran antara kakak dan adik memang wajar terjadi, namun jika terjadi terus menerus tentu tidak baik untuk hubungan keduanya. Berikut beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi kakak adik yang sering bertengkar.

Salah satu penyebab pertengkaran adalah kecemburuan. Ada baiknya Mama mulai mengurangi memihak salah satu atau menjadikan salah satu anak yang favorit. Apalagi jika jarak antara kakak dan adik hanya berbeda beberapa tahun saja. Kecemburuan tentu saja sangat mungkin terjadi. Jika ingin memberikan salah satu saja, ada baiknya Mama memberikan alasan dan juga pengertian agar tak timbul kecemburuan.

Mama juga perlu memberbanyak waktu bersama keluarga. Hal ini akan semakin membangun kedekatan antara kakak dan adik. Mereka juga akan memiliki rasa pengertian satu sama lain. Jangan sekali-kali membandingkan kakak dan adik ya, Mam. Boleh saja menjadikan prestasi kakak atau adik menjadi motivasi. Namun, jangan sampai si kecil malah merasa punya saingan dibandingkan merasa termotivasi.

Mama juga perlu membantu anak dalam menyelesaikan pertengkaran mereka. Saat kakak dan adik mulai bertengkar, ada baiknya Mama mendengarkan argumen masing-masing dan bantu berikan saran yang adil. Jangan langsung menyalahkan satu pihak saja. Ketika masalah yang dihadapi adalah masalah kecil, ada baiknya Mama membiarkan mereka menyelesaikan konfliknya sendiri.

Meningkatkan ikatan batin antara kakak dan adik juga menjadi cara mengatasi kakak adik yang sering bertengkar. Mama juga perlu berbicara dengan kakak dan adik bahwa hubungan saudara sangat penting untuk dijaga. Luangkan waktu untuk mereka bermain berdua saja agar tercipta ikatan batin yang kuat. Berikan pemahaman bahwa seorang kakak harus menjaga dan adik juga perlu menghormati kakak yang lebih tua.

sumber: nakita

(niken)

Share This