Usia Berapa Si Kecil Boleh Masuk Playgroup?

3560c349618974746f931499cfd3f6aa
16
Jan

 

Mam, kebanyakan playgroup menerima murid rata-rata berusia 2,5 tahun. Tapi tentu saja tidak semua anak memiliki kesiapan yang sama. Ia harus siap secara fisik, sosial dan emosi agar dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang telah diatur dan dirancang oleh para guru.
Tahukah Mam, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carnegie Foundation ditemukan bahwa anak-anak yang berpartisipasi dalam pendidikan anak usia dini umumnya lebih sehat dan ‘kaya’ pengalaman dibandingkan teman-teman seusianya.

Lalu, apa saja hal-hal yang menandakan seorang anak telah siap untuk masuk playgroup?

  •  Sudah pintar ‘pup’ atau ‘pipis’ di toilet

Hal yang cukup penting ketika anak memasuki playgroup adalah ia telah ‘lulus’ potty training atau latihan menggunakan toilet. Walaupun para guru tentunya masih akan membantu si Kecil, namun ada baiknya anak sudah terbiasa untuk buang air di toilet (tidak menggunakan diapers lagi).

  •  Mandiri dalam mengerjakan beberapa tugas sederhana

Si Kecil sudah bisa mencuci tangannya, ikut membereskan mainan yang berserakan, menaruh barang kembali ke tempatnya, mengancingkan atau menarik ritsleting bajunya sendiri.

  •  Mengekspersikan diri dengan baik

Tentu saja cara anak berekspresi beda dengan orang dewasa, setidaknya si Kecil telah mampu menyampaikan sesuatu melalui kata-katanya sendiri, tidak bersikap emosional (tantrum). Dalam pendidikan anak usia dini, kemampuan berekspresi ini akan terus diasah sehingga sedikit demi sedikit kebiasaan tantrum pun akan hilang.

•    Memiliki konsentrasi yang cukup baik

Konsentrasi dibutuhkan agar anak dapat mengikuti kegiatan di kelas playgroup-nya dengan baik. Pada usia 2-3 tahun anak memang masih memiliki rentang konsentrasi yang terbilang singkat. Jika ia dapat berkonsentrasi melakukan sesuatu selama 10-20 menit saja sudah dianggap cukup baik.

  •  Siap secara emosional

Beberapa anak merasa gelisah kala harus berpisah cukup lama dengan orangtuanya (separation anxiety). Jangan paksakan anak untuk masuk playgroup jika ia belum bisa mengatasinya, walaupun usianya sudah 2 tahun. Biarkan anak mengatasi sisi emosinya terlebih dahulu.

  •  Daya tahan mengikuti kegiatan

Masuk playgroup berarti anak harus mengikuti serangkaian kegiatan yang telah dijadwalkan atau diatur oleh para guru. Jika ia tak memiliki ketahanan untuk mengikuti kegiatan tersebut atau masih terlihat semaunya, mungkin belum waktunya ia masuk playgroup.

Mam, anak belum bisa masuk playgroup di usia 2 tahun itu masih terbilang wajar. Pendidikan anak usia dini masih bisa dilakukan kala usianya 4-5 tahun dan masuk taman kanak-kanak. Selain itu, kenali gangguan pertumbuhan si kecil agar Mam dapat selalu memastikan bahwa ia tumbuh secara optimal.

Share This