Waktu yang Tepat untuk Program Hamil

smiling-woman-looking-at-pregnancy-test
14
Mar

 

 

Seperti yang kita ketahui, mendapatkan anak yang merupakan impian setiap pasangan tidak bisa dirasakan oleh sebagian pasangan suami istri. Tidak setiap pasangan bisa seberuntung pasangan lainnya dalam hal momongan. Ada yang bisa cepat hamil tapi tidak sedikit pula mereka yang harus menunggu beberapa waktu untuk bisa punya anak. Namun, meski begitu di era yang semakin berkembang ini para pakar kehamilan pun telah menemukan beberapa cara yang bisa membantu mereka yang kesulitan punya anak, salah satunya adalah dengan menjalani program hami.

Bagi mereka yang cukup kesulitan mendapatkan anak, program hamil yang langsung berada di bawah pengawasan dokter spesialis adalah salah satu solusi terbaik untuk mendapatkan kehamilan yang mereka nantikan. Dalam program tersebut pun para pakar kesehatan akan menganjurkan berbagai metode untuk lebih memaksimalkan kesuburan pasangan agar bisa segera hamil.

Dalam program hamil, umumnya setiap pasangan akan dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan tertentu yang dapat meningkatkan kesuburannya, hingga pola hidup yang lebih sehat sampai menyarankan untuk menghindari berbagai aktivitas yang bisa mengganggu kesuburan atau sperma pria dan sel telur atau siklus menstruasi. Tidak hanya itu waktu yang tepat saat berhubungan intim sampai posisi seksual pun akan disarankan oleh pasangan suami istri. Namun, hal tersebut di khususkan bagi mereka yang tidak mengalami masalah yang lebih spesifik pada kesuburannya, misalnya mengalami penyakit tertentu.

Program hamil memang menjadi salah satu cara yang sangat ajaib bagi mereka yang selama ini telah lama menantikan momongan dalam pernikahan mereka. Namun, meski begitu ada banyak pertanyaan yang kemudian akan muncul. Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah kapan waktu yang tepat untuk program hamil?

Tidak dapat dipungkiri jika masih banyak pasangan yang cukup minim informasi terkait program hamil, salah satunya adalah kurangnya informasi terkait kapan waktu yang tepat bagi pasangan suami istri untuk bisa menjalankan program hamil. Nah, untuk membantu Anda, berikut beberapa panduan yang dapat membantu Anda untuk menentukan waktu yang tepat untuk melaksanakan program kehamilan.

Saat Memasuki Usia 20 Tahun Keatas

Usia 20 tahun adalah waktu yang pas untuk mencoba program hamil, selama Anda sudah menikah tentunya. Kenapa harus 20 tahun ke atas? Kenapa tidak bisa dimulai dari bawah 20 tahun?

Hasil peneltian dari sejumlah pakar kesehatan menyebut jika usia 20 tahun ke atas adalah usia yang matang bagi wanita untuk hamil dan punya anak. Karena di usia inilah pembentukan hormon sudah berada dalam tingkatan yang maksimal ketimbang masih berusia belasan. Lebih lanjut, para pakar kesehatan juga menyatakan jika, risiko kematian, gangguan selama kehamilan atau janin yang terlahir cacat di usia 20 tahun ke atas juga sudah jauh berkurang di banding saat masih berusia belasan tahun.

Nah, jadi waktu yang tepat untuk memulai program hamil bisa Anda mulai dari 20 tahun ke atas. Di usia ini sel telur wanita berada pada kualitas terbaiknya, dan peluang besar untuk mendapatkan kehamilan di usia 20 tahun atau 20 tahun ke atas juga sangat tinggi.

Saat Usia 30 Tahun Keatas

Usia yang bisa disebut tidak muda lagi, meski cukup mengecewakan namun hal ini juga tidak bisa kita hindari. Ya, di usia 30 tahun atau 30 tahun ke atas bisa disebut sebagai waktu yang tepat untuk menjalankan program hamil. Pasalnya, seperti yang saya sebut sebelumnya, di usia yang sudah tidak muda lagi setiap orang secara alami akan memiliki penurunan kualitas pada dirinya. Tidak hanya dari penampilan luarnya saja tapi juga dari dalam dirinya.

Bagi wanit di usia 30 tahun-an, di usia ini Anda akan mengalami cukup banyak penurunan kualitas, termasuk pada kualitas sel telur. Bahkan, para pakar mengatakan jika di usia ini risiko gangguan tentang kehamilan akan lebih tinggi dari usia yang sebelumnya meski ini termasuk kehamilan yang pertama Anda. Nah, kenapa di usia ini menjadi waktu yang tepat untuk melakukan program hamil karena meski punya risiko Anda masih bisa tetap hamil namun jauh lebih baik jika Anda benar-benar berada di bawah pengawasan langsung dokter spesialis kandungan.

Saat Usia 40 Tahun

Sebenarnya secara alami kehamilan di usia ini sudah tidak disarankan oleh para pakar kehamilan, karena selain peluang kehamilan yang sudah jauh lebih kecil hamil di usia 40 tahun apalagi 40 tahun ke atas risiko masalah kehamilan pun semakin tinggi. Risiko tersebut juga tidak hanya bisa dialami oleh calon Ibu tapi juga bagi janin yang ia kandung. Hasil penelitian menyebut jika kehamilan di usia ini hanya sebesar 30 persen namun risiko bayi mengalami down syndron sangat tinggi.

Namun, meski peluangnya kecil hamil di usia 40 tahun bukan berarti tidak bisa, tapi jika Anda ingin menjalankan program hamil di usia ini sangat sangat disarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan.

Setelah Mengalami Keguguran

Keguguran adalah salah satu kondisi yang pastinya tidak di inginkan mereka yang mau punya anak. Namun dari pada menghabiskan waktu dengan stres dan depresi pasca keguguran para pakar kehamilan sangat menganjurkan Anda untuk menjalani program hamil. Ya, pasca keguguran juga menjadi waktu yang tepat untuk program hamil, setidaknya 3 sampai 4 bulan setelah Anda mengalami keguguran.

Sebagai tambahan, salah watu waktu yang tepat untuk menjalankan program hamil adalah waktu disaat Anda sedang berada dalam masa subur atau di pagi hari. Di waktu masa subur dan pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menjalankan program kehamilan, atau dalam artian di waktu inilah waktu tepat untuk bercinta.

 

Share This